Berita Nasional Terpercaya

Mengapa Bisnis Digital Menjadi Pilihan Bagi Milenial?

0

Bagi milenial yang tertarik menekuni usaha atau mengembangan usaha di era digital adakah sesuatu yang sangat mungkin diraih. Jika pembaca tulisan saya ini tekun, pantang menyerah, mengetrapkan sinergitas, kolaborasi, kreativitas dan inovasi, maka tidak mustahil akan banyak kesuksesan yang diraihnya.

Kesuksesan bukan hanya dalam usaha, tapi juga mampu mencipatakan lapangan kerja baru. Sesuatu yang sangat mulia. Memang membangun bisnis di era digital memiliki tantangan tersendiri. Namun, jika Anda memulainya dengan benar, proses selanjutnya akan lebih mudah. Bagaimana caranya?
Nah, semua berawal dari ide. Jika Anda mampu menemukan ide bisnis digital yang tepat dan membangunnya dengan langkah yang benar, bukan mustahil Anda akan mampu mencapai hasil terbaik. Lalu, apa saja bisnis era digital yang menjanjikan di tahun 2023 ini?

Pilihannya banyak sekali, namun Anda tidak perlu melakukan riset sendiri. Di dalam tulisan singkat ini, Penulis mencoba merangkumnya untuk Anda. Namun, sebelum membahasnya lebih lanjut, mari kita bahas lagi apa bisnis digital itu sebenarnya dan apa saja keunggulannya.

Bisnis digital adalah suatu jenis bisnis jasa yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ketika menciptakan sebuah produk ataupun memasarkannya.

Berbeda dengan yang kita pahami sebelumnya, bisnis digital tidak semata terkait dengan penjualan produk tanpa wujud saja, seperti perangkat lunak komputer (software). Bisnis digital juga tidak hanya tentang produk fisik yang dikemas dalam bentuk digital seperti ebook (buku elektronik).

Lebih dari itu, semua jenis usaha yang menjual produknya secara online, baik menggunakan website atau aplikasi termasuk dalam ranah bisnis digital. E-commerce adalah salah satu contohnya. Produk bisnis digital bisa berupa barang ataupun jasa. Sebagai contoh, jika Anda memiliki kemampuan dalam memberikan motivasi pengembangan diri, Anda bisa menjadi seorang motivator online yang sukses. Keahlian ini bisa menjadi inti bisnis digital yang Anda tekuni.

Pada prakteknya, banyak sekali contoh bisnis digital yang terbukti mampu menghasilkan omset yang menggiurkan. Salah satu contohnya, Ade Iskandar. Ia sosok di balik sukses datangya.com, sebuah website yang menawarkan jasa pembuatan undangan online. Ide yang dimiliki sungguh kreatif, berawal dari keinginan untuk mengurangi penggunaan kertas undangan yang pada akhirnya terbuang sia-sia, ia membangun bisnisnya dari nol. Bagaimana tanggapan masyarakat tentang bisnis ini? Sangat baik! Hingga saat ini, jumlah undangan yang telah terkirim mencapai 190 ribu.

Pelajaran yang bisa kita ambil adalah siapa saja bisa terjun di bisnis digital, termasuk Anda pembaca tulisan ini, dan peluang bisnisnya masih terbuka lebar. Anda bisa saja menjadi sosok sukses berikutnya. Apa saja sebenanrya kelebihan jika kita berwirausaha di bidang digital? Jika Anda masih ragu untuk terjun ke dunia bisnis digital, berikut ini beberapa keunggulan yang dapat Anda jadikan pertimbangan:

1. Pilihan yang Beragam
Perkembangan teknologi diprediksi belum akan berhenti bahkan hingga beberapa dekade mendatang. Artinya, masih banyak inovasi yang bisa dihasilkan sebagai peluang usaha. Anda hanya perlu cermat mengamati kebutuhan pasar dan menciptakan produk yang dibutuhkan masyarakat.

2. Jangkauan Pasar yang Luas
Jika Anda menggeluti bisnis digital yang dijalankan secara online, pangsa pasarnya tentu akan lebih luas. Hal ini karena Anda tetap bisa menjalankan bisnis tersebut di mana pun Anda berada, selama 24 jam. Hal ini tentu bergantung dengan bisnis yang Anda geluti.

3. Bertujuan Jangka Panjang
Pengguna internet di Indonesia terus meningkat, menurut catatan di tahun 2018 lalu saja sudah mencapai 171 juta jiwa. Wow luar biasa| Itulah alasan mengapa banyak perusahaan melakukan transformasi digital, untuk meraih potensi besar tersebut. Tidak hanya itu, bisnis digital juga merupakan upaya untuk membangun identitas online yang bertujuan jangka panjang. Anda tentu menyadari bahwa Anda akan ketinggalan jika tidak turut ambil bagian.

4. Memberikan Kenyamanan kepada Pelanggan
Di tengah kesibukan menjalankan rutinitas, sebagian orang mungkin tidak sempat pergi ke suatu tempat untuk membeli sesuatu. Bisnis digital mampu memberikan solusi untuk permasalahan ini. Ya, bisnis digital menawarkan kenyamanan yang lebih kepada pelanggan. Misalnya, Anda bisa membeli nove atau bukul kesukaan Anda dalam bentuk digital secara online. Selain tidak perlu repot ke toko buku, Anda cukup membuka handphone untuk membaca novel atau buku tersebut. Praktis, bukan? Semoga sukses. *** (Joko Indro)

Leave A Reply

Your email address will not be published.