Berita Nasional Terpercaya

6 Tips Belanja Online yang Dilakukan secara Bijak, Salah Satunya Menentukan Anggaran Belanja

1

BERNAS.ID – Pada masa sekarang, belanja online sangat diminati oleh masyarakat, karena belanja online memang sangat praktis, mudah, nyaman dan fleksibel bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Transaksi belanja online mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, apalagi saat ini perkembangan teknologi kian pesat, yang sangat memudahkan akses untuk belanja online.

Apalagi semenjak pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia, belanja online sangat disarankan untuk menghindari kontak langsung agar meminimalisir tertular virus Covid-19. Namun terkadang kita tergoda dengan adanya diskon dan promo ongkos kirim (ongkir) yang ditawarkan.

Jika kita akan belanja online maka diperlukan juga strategi yang tepat, supaya kita tidak boros dan menghabiskan banyak uang dengan belanja barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Selain itu kita juga perlu waspada dengan kasus penipuan belanja online yang dilakukan oleh oknum.

Baca Juga : Kiat Ampuh Membuat Nama Toko Online yang Estetik dan Otentik

Sebelum melakukan belanja online alangkah baiknya jika kita menerapkan langkah-langkah yang bijak. Berikut beberapa tips belanja online yang harus dilakukan secara bijak dan hemat :

1. Membuat Daftar Belanja

Sebelum kita memulai berbelanja, alangkah baiknya jika membuat daftar barang yang kita butuhkan. Dengan kita membuat daftar belanja, kita tidak akan tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak kita butuhkan. Jadi kita bisa fokus untuk berbelanja dengan barang yang kita butuhkan saja.

2. Menentukan Anggaran Belanja

Menentukan anggaran belanja kita adalah hal yang penting, karena membatasi jumlah nominal uang yang akan kita keluarkan pada saat berbelanja online. Dengan kita menentukan jumlah anggaran, kita dapat menghindari belanja impulsif atau tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak kita butuhkan.

3. Mengecek Ulasan Pelanggan

Sebelum berbelanja online, ada baiknya kita membaca ulasan pelanggan untuk memastikan kebenaran sebuah produk yang akan kita beli. Ulasan dari para pelanggan bisa memberikan kita informasi tentang kualitas produk dan pengalaman berbelanja di toko online tersebut.

Selain itu juga dapat membantu kita untuk mengetahui reputasi toko online itu dari pembeli sebelumnya.

4. Manfaatkan Diskon dan Promo yang Ada

Banyak toko online yang menawarkan diskon menarik dan promo khusus, terutama promo ongkos kirim (ongkir). Nah, kita bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan harga yang lebih murah di pasaran.

Baca Juga : Pengertian Berbagai Istilah PO dalam Jualan Online

5. Membandingkan Harga Produk di Pasaran

Sebelum membeli suatu produk, ada baiknya kita membandingkan harga terlebih dahulu dari beberapa toko online yang ada. Banyaknya situs perbandingan harga yang ada bisa membantu kita dalam menemukan harga terbaik untuk produk yang kita perlukan.

Apabila harganya dirasa tidak masuk akal, sebaiknya jangan membeli produk tersebut karena bisa saja produk itu palsu atau ada modus lain dari si penjual.

6. Periksa Kebijakan Pengiriman dan Pengembalian Barang/Garansi

Jangan lupa untuk memastikan kebijakan pengiriman dan pengembalian sebelum membeli suatu produk. Hal ini sangatlah penting, jika kita ingin mengembalikan atau menukar produk yang sudah kita beli. Jangan sampai kita tergoda dengan harga yang murah tetapi kebijakan pengembalian dan garansinya tidak memadai.

Nah itulah beberapa tips tentang cara berbelanja yang harus dilakukan secara bijak di toko online. Dengan kita menerapkan tips ini, maka kita bisa membeli produk dengan harga yang terjangkau, aman, nyaman dan menghindari belanja impulsive atau belanja barang yang tidak kita dibutuhkan. Selamat mencoba! (cdr)

 

1 Comment
  1. […] Baca Juga : 6 Tips Belanja Online yang Dilakukan secara Bijak, Salah Satunya Menentukan Anggaran Belanja […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.