Berita Nasional Terpercaya

Kiat Cerdas Mengembangkan Ekonomi Kreatif di Era Digital

0

Di tengah maraknya pertumbuhan ekonomi kreatif ini, banyak bermunculan berbagai macam startup yang dimotori oleh generasi milenial. Hal ini tentunya sangat positif, sehingga tidak mengherankan kalau sang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyambut gembira dengan semakin banyaknya generasi milenial yang terjun ke dunia wirausaha, khususnya yang berkaitan dengan ekonomi kreatif.

Seperti kita ketahui, ekonomi kreatif adalah sebuah konsep pada era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama.

Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif. Contoh usaha-usaha di bidang ekonomi kreatif adalah periklanan, arsitektur, pasar barang seni, kerajinan, desain, fashion, dan televisi serta masih banyak yang lain.
Mungkin Anda, pembaca tulisan ini ingin mengetahui seperti apa sebenarnya ciri-ciri ekonomi kreatif itu?

Adapun ciri-ciri ekonomi kreatif yaitu antara lain memiliki kreasi intelektual. Kreasi intelektual akan menghasilkan berbagai kreativitas, keahlian serta talenta atau bakat. Selain itu, produknya mudah diganti atau diubah, tidak ada batasan, memerlukan kerjasama, memiliki nilai budaya dan bisa mengikuti tren dengan mudah.

Nah, menghadapi semua itu, tentunya Anda, khususnya generasi milenial sebaiknya mengetahui kunci cerdas bagaimana sebenarnya mengembangkan ekonomi kreatif di era digital, yaitu diantaranya adalah:

1.Tentukan Segmen Anda
Salah satu tips untuk menjadi seorang entrepreneur sukses di era digital adalah tentukan segmen dari bisnis Anda. Ketika anda ingin menggunakan teknologi modern, anda juga harus memiliki persiapan yang matang, Anda juga harus selalu update dengan berita maupun tren terpopuler saat ini, untuk bisa menentukan langkah selanjutnya untuk bisnis Anda.

2.Melihat Peluang Pasar
Kedua adalah perhatikan kondisi dari sebuah pasar sebelum Anda terjun ke dalamnya. Dengan begitu Anda dapat membuat sebuah perencanaan yang matang untuk bisnis Anda

3.Menjadi Kreatif
Ketiga harus memiliki kreativitas dalam menjalankan bisnisnya. Persaingan yang ketat di dunia bisnis kreatif mewajibkan Anda harus mempunyai ide – ide yang kreatif dan cemerlang untuk membuat bisnis anda memiliki ciri khas maupun produk unggulan. Berikan sentuhan perbedaan pada bisnis Anda agar konsumen merasa tertarik dengan produk yang anda tawarkan saat ini lewat media teknologi

4.Selalu Fokus
Keempat adalah selalu fokus. Fokus adalah kunci utama untuk Anda agar bisa sukses di tengah persaingan bisnis yang sangat ketat. Setiap pelaku bisnis akan banyak mengalami kesulitan di dalam menjalankan sebuah bisnis. Fokus akan bisa membantu Anda dalam menjalankan bisnis.

5.Menguasai Dunia Internet
Internet merupakan teman terdekat Anda dalam dunia entrepreneurship ini, tanpa internet Anda tidak dapat mengakses berbagai informasi yang Anda butuhkan. Internet tentu saja bisa membantu Anda, para wirausahawan untuk dapat mengembangkan bisnisnya.

6.Bangun Jaringan yang Luas
Networking dan partner dalam bisnis adalah hal yang sangat penting dalam proses menjalankan sebuah bisnis kreatif. Mereka akan dapat membantu Anda dalam berbagai hal, mulai dari proses kerja sama, berbagi informasi, hingga merancang berbagai strategi kedepannya.

7.Wawasan yang Luas
Ketujuh adalah membangun wawasan yang luas. Wawasan akan sangat membantu untuk menentukan ide–ide, terutama dalam usaha mengatasi sebuah permasalahan maupun dalam bertindak. Wawasan yang luas juga akan membantu Anda untuk melewati persaingan bisnis yang cukup ketat ini, dan juga bisa membantu Anda dalam membuat perencanaan untuk bisnis Anda di waktu yang akan datang.

8.Belajar Dari Pengalaman Diri Sendiri
Kedelapan adalah pengalaman. Pengalaman adalah guru terbaik Anda. pengalaman juga bisa menjadi pemicu dari keberhasilan Anda. Manfaatkan pengalaman Anda sebagai sumber motivasi, sekaligus menjadi cara bagi Anda untuk bisa meningkatkan performa bisnis Anda. Anda juga bisa belajar dari pengalaman orang lain di luar sana yang lebih sukses daripada Anda, yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk diri Anda sendiri sebagai seorang entrepreneur sukses. *** (Joko Indro)

Leave A Reply

Your email address will not be published.