Berita Nasional Terpercaya

Kemenko Perekonomian Beri Perhatian Salak Sleman

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Pemerintah Kabupaten Sleman menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) dan diskusi teknis peningkatan produktivitas dan ekspor komoditas hortikultura di Ruang Rapat Sembada, Rabu (29/3/2023). Rakor dipimpin oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa dan dihadiri Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Hortikultura Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Yuli Sri Wilanti.

Peserta rapat terdiri dari perangkat daerah, dan perwakilan petani di wilayah Kabupaten Sleman. Salah satu hal yang menjadi perhatian dalam rakor ini adalah pengembangan produksi buah salak.

Baca Juga Pasca Erupsi Gunung Merapi, Warga Masih Bisa Beraktivitas Pada Jarak Aman

Yuli Sri Wilanti menyampaikan pentingnya pembangunan ketahanan pangan di daerah seperti Kabupaten Sleman. Ia pun mendorong agar Sleman dapat memenuhi ketersediaan pangan untuk wilayah Sleman sendiri sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.

Menurut Yuli, kondisi perkebunan salak yang memiliki kondisi baik baru seluas 500 Ha dari 3.000 Ha, sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus. Terlebih lagi, buah salak menjadi salah satu komoditas unggulan, serta menjadi ciri khas Kabupaten Sleman.

“Melalui pertemuan ini kita bisa menyamakan persepsi, apa masalah yang dihadapi oleh petani, sehingga bisa kita fasilitasi bersama. Selain itu dalam konteks salak, perlu kita diskusikan kembali terkait peremajaan pohon salak untuk ekspor, mengingat buah salak adalah salah satu buah unggulan Kabupaten Sleman,” tutur Yuli.

Lanjut tambahnya, salah satu tantangan dalam peningkatan buah nasional adalah kurangnya lahan, biaya logistik yang tinggi, perubahan iklim, hingga laju alih fungsi lahan yang tak terkendali sehingga mengancam kualitas dan kuantitas hasil produksi pertanian. Meski demikian, Yuli optimis masih terdapat peluang peningkatan buah nasional melalui beberapa cara.

“Peluang peningkatan buah bisa melalui edukasi terhadap masyarakat untuk mengonsumsi buah lokal, kolaborasi dengan off taker dan kemitraan, sampai dengan peningkatan pengelolaan kebun buah dengan implementasi GAP dan teknologi tepat guna,” jelas Yuli.

Baca Juga Mendag Optimis Indonesia Mampu Hadapi Perlambatan Ekonomi 2023

Wakil Bupati, Danang Maharsa menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian terkait peningkatan produktivitas dan ekspor komoditas hortikultura di Sleman. Danang berharap, melalui diskusi tersebut dapat memperluas peluang dalam pengolahan hingga pemasaran komoditas.

“Kami sampaikan ucapan terima kasih banyak atas perhatian dari Kementrian dan dukungan dari semua stake holder terkait dalam diskusi ini. Kami harap dari diskusi ini dapat menghasilkan solusi dan manfaat bagi para petani di Kabupaten Sleman. Banyak masukan mulai dari pengolahan hingga pemasaran hasil pertanian di Kabupaten Sleman yang diharapkan dapat meningkat hasil pertanian begitu pula untuk kesejahteraan masyarakat,” jelas Danang.

Danang juga berharap, kerjasama dan sinergi antara Pemerintah Kabupaten Sleman dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dapat terus terjalin dengan baik. Danang juga mendorong para petani dan perangkat daerah yang hadir untuk memanfaatkan sesi diskusi sebaik mungkin untuk menambah wawasan dan peluang dalam pengembangan komoditas hortikultura.

Usai sesi diskusi, Danang Maharsa, Yuli Sri Wilanti, dan jajaran, turun ke lapangan untuk meninjau produktivitas komoditas holtikultura. Tinjauan dilakukan ke kebun pembibitan bawang dan salak yang terdapat di Kapanewon Kalasan, Turi, dan Pakem. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.