Berita Nasional Terpercaya

Entrepreneur Sukses Mau Belajar dari Kesalahan Dalam Usahanya

0

Apapun model bisnis yang dilakukan seseorang wirausahawan atau entrepreneur, kemungkinan besar mereka pernah melakukan kesalahan ketika memulai sebuah usaha atau bahkan ketika usaha itu sedang berjalan.

Penulis yakini, hampir semua entrepreneur mengalami proses “membuat kesalahan” dalam usahanya mereka, apakah itu bergerak di properti, kuliner, pendidikan, dan lain sebagainya. Dan, pada akhirnya entrepreneur yang sukses adalah mereka yang mau dan berhasil belajar dari kesalahan dan dapat memperbaiki keadaan dalam usahanya, sehingga usahanya menjadi lebih baik dan sukses.

Memang, kita harus akui bahwa tidak sedikit pula entrepreneur yang terlambat untuk memperbaiki kesalahan mereka sehingga mengakibatkan kemunduruan dan bahkan sampai ada yang gulung tikar. Hal itu, tentu sangat kita sayangkan.

Berikut ini adalah 6 (enam) kesalahan yang pernah dilakukan oleh entrepreneur, dan semoga kita bisa belajar dari pengalaman mereka:

(1) Terobsesi membuat bisnis menjadi besar dalam waktu cepat. Ini adalah salah satu kesalahan yang sering dilakukan entrepreneur yang baru memulai usahanya. Tidak sedikit mereka yang terobsesi untuk mengembangkan usaha mereka dengan cepat, sehingga mereka meminjam modal lebih banyak lagi dan membuka cabang di mana-mana, padahal usahanya masih baru dan belum stabil.

Padahal yang sebenarnya dan yang terpenting serta yang menjadi tujuan awal seorang entrepreneur dalam menjalan usahanya adalah mendapatkan keuntungan. Bila usaha kita sudah mulai memberikan keuntungan, tentunya lambat laun usaha kita juga akan semakin besar.

(2) Visi dan strategi bisnis yang tidak jelas. Saat sebuah usaha dijalankan tanpa adanya visi dan strategi yang jelas, maka dapat dipastikan bahwa usaha itu akan mandek atau berhenti, dan tidak akan berkembang. Mengetahui tujuan usaha kita dan juga memiliki strategi untuk mencapai tujuan itu adalah sebuah keharusan dalam usaha apapun. Bagaimana mungkin sebuah usaha bisa berjalan tanpa adanya visi yang jelas?.Iya kan?

(3) Kesalahan dalam mengatur keuangan. Setiap usaha pasti memerlukan manajemen keuangan. Bila sebuah usaha tidak mampu mengatur keuangannya dengan baik maka kemungkinan besar usaha itu akan merugi, dan tentu hal itu tidak kita inginkan.

(4) Tidak fokus dalam menjalankan usaha. Banyak entrepreneur yang berusaha menjalankan beberapa usaha sekaligus yang akhirnya gagal menjalankan bisnis utamanya. Memiliki beberapa usaha adalah sesuatu yang baik, tetapi kita harus tetap fokus pada bisnis utama yang kita miliki.

(5) Tidak ada pendekatan pada konsumen. Seringkali kita melihat sebuah usaha yang sudah mulai sukses kemudian tidak memperhatikan konsumennya sehingga konsumen itu semakin jauh. Bila usaha kita semakin besar, sudah seharusnya kita juga tetap memperhatikan konsumen.

Nah, kita sebagai seorang entrepreneur maka harus siap memperhatikan kebutuhan mereka, menjawab pertanyaan mereka, dan mendengarkan keluhan adalah bentuk kepedulian dan pendekatan yang lebih baik dibandingkan kita hanya mempromosikan produk. Konsumen yang puas dengan sendirinya akan membantu untuk mempromosikan usaha kita kepada teman-temannya atau keluarganya.

(6) Kesalahan dalam merekrut tenaga kerja (SDM). Kita harus menempatkan orang yang tepat pada pekerjaan yang tepat, itu adalah sebuah keharusan. Menempatkan orang yang tidak memiliki kemampuan yang memadai pada sebuah pekerjaan penting pasti akan mengakibatkan pekerjaan itu tidak selesai dengan baik.

Oleh karena itulah, jika kita ingin menjadi entrepreneur sukses maka kita harus mau belajar dari kesalahan yang kita buat, dan hal itu adalah pelajaran yang sangat berharga. Namun, akan lebih baik bila kita juga belajar dari kesalahan orang lain terlebih dahulu sebelum memulai usaha untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi. *** ( Joko Indro )

Leave A Reply

Your email address will not be published.