Berita Nasional Terpercaya

Stok Bahan Pokok di Gunungkidul Dipastikan Aman

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY melakukan peninjauan stok bahan pokok di sejumlah distributor di Kabupaten Gunungkidul, Rabu (5/4/2023). Stok bahan pokok di Gunungkidul dipastikan akan aman.

Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto usai pemantauan mengatakan, pihaknya optimis stok bahan pokok dipastikan aman di Gunungkidul jelang dan setelah Lebaran. Ia juga memastikan gejolak harga tidak akan terjadi.

“Tidak akan ada lonjakan harga yang signifikan,” jelasnya ke awak media.

Baca Juga Gunungkidul Punya Potensi Besar Di Sektor Kerajinan

Heri menyebut hampir semua kebutuhan pokok memiliki stok yang cukup. Hasil pemantauan di distributor pertama, stok beras, minyak, tepung hingga gula pasir melimpah dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Jika memang nantinya terjadi lonjakan, sudah kita siasati dengan menggelar Operasi Pasar (OP) kita lakukan pemantauan secara berkala,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Heri meminta masyarakat tidak perlu kawatir apalagi hingga memborong kebutuhan pokok untuk mensiasati stok dan harga. Pemkab Gunungkidul menjamin tidak akan ada kelangkaan.

“Semua aman semua cukup,” katanya.

Baca Juga DKP Gunungkidul Lepas 400 Ribu Benih Ikan Ke 20 Telaga

Pelaksana Harian Asisten Pembangunan Perekonomian dan Pembangunan, Sekretariat Daerah DIY, Yuna Pancawati mengatakan, Gunungkidul menjadi wilayah kedua pemantauan harga bahan pokok di DIY. Sebelumnya pemantauan dilaksanakan di Kabupaten Sleman.

“Harga dan stok ketersediaan bahan pokok di Gunungkidul aman. Sleman juga aman, stok melimpah untuk tahun ini,” tutur Yuna.

Terkait kenaikan harga, Yuna memastikan memang ada kenaikan, namun lonjakan yang terjadi masih dalam tahap aman atau masih dalam batas kewajaran. “Semoga situasi seperti ini akan terus berlangsung hingga setelah lebaran nanti,” pungkasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.