Berita Nasional Terpercaya

Dari Tambang menuju Rostrum: Sotheby’s Bakal Melelang Salah Satu Penemuan Permata Terbesar Abad Ini

0
Estrela de Fura 55.22 carats_ Ruby (1)

 

Estrela de Fura, Ruby 55.22 carats
Estrela de Fura 55.22 carats_ Ruby (2)

 

Estrela de Fura, Ruby 55.22 carats
Estrela de Fura 55.22 carats_ Ruby (3)

 

Estrela de Fura, Ruby 55.22 carats


Estrela de Fura 55.22 cts

DENGAN BERAT 55,22 KARAT, BATU PERMATA LANGKA INI ADALAH RUBI TERBESAR & PALING BERHARGA YANG PERNAH TAMPIL DALAM LELANG

DIPERKIRAKAN MENCAPAI LEBIH DARI $30 JUTA TELAH DIGALI DI MOZAMBIK DAN DIPOTONG DARI BENTUK KASAR 101 KARAT

RUBI BERKUALITAS-PERMATA TERBESAR YANG ADA DI DUNIA – ESTRELA DE FURA 55,22 AKAN MENJADI UNGGULAN LELANG PERMATA MENAKJUBKAN SOTHEBY’S JUNI INI

Dalam bentuk kasarnya saja, Estrela de Fura telah menunjukkan kualitas yang luar biasa dengan potensi untuk menjadi batu permata tiada duanya.
Pemotong permata berhasil mewujudkan potensi ini dan menciptakan rubi berfaset dengan berat 55,22 karat yang mencengangkan, menampilkan warna merah pekat dan homogen, dikombinasikan dengan tingkat kejernihan yang tak terlihat pada rubi lain mana pun yang tidak dipanaskan dengan ukuran sebanding.
Melihat rubi alami seukuran ini, dengan kombinasi karakteristik kualitas yang minim perlakuan dianggap nyaris tak terbayangkan.
Rubi alami 55,22 ct mencetak rekor baru bukan hanya untuk rubi Mozambik, tetapi juga untuk rubi pada umumnya.”
Gübelin Gem Lab

NEW YORK, April 08, 2023 (GLOBE NEWSWIRE) — Ketika FURA Gems mengumumkan penemuan bersejarahnya berupa rubi berkualitas-permata terbesar di dunia yang pernah ditemukan pada September 2022, berita itu mendominasi tajuk di seluruh dunia, sehingga memicu kegembiraan yang luar biasa dan membuat heboh pasar batu permata. Digali dari tambang rubi FURA di Montepuez, Mozambik pada Juli 2022, batu permata tersebut – dengan berat memukau 101 karat – kemudian diberi nama Estrela de FURA (Bintang FURA dalam bahasa Portugis), sebagai pengakuan atas kedalaman warna dan ukurannya yang luar biasa, serta untuk menyoroti Mozambik sebagai sumber yang kaya akan rubi berkualitas premium. Meski dalam keadaan kasar dan tak terjamah, Estrela de FURA dianggap oleh para ahli sebagai harta karun alam yang luar biasa dikarenakan fluoresensi, kejernihan luar biasa, dan rona merah terangnya, yang dikenal sebagai ‘darah merpati’ – warna yang biasanya hanya dikaitkan dengan rubi Burma.

Kini tujuh bulan setelah debut pertamanya, ketika palu diketuk pada lot terakhir Exceptional Luxury Evening Auction di Hong Kong, spekulasi tentang keberadaan rubi itu akhirnya terjawab ketika juru lelang Sotheby’s, Uni Kim, secara resmi mengumumkan Estrela de FURA 55,22 kepada dunia. Dengan berat 55,22 karat yang cukup besar, permata Mozambik langka yang sangat penting ini adalah rubi berkualitas-permata terbesar yang pernah tampil dalam lelang. Kombinasi kekayaan saturasi warna, tak tersentuh perlakuan panas, penampilan yang sangat kristalin, dan ukuran tak tertandingi – dengan perkiraan lebih dari $30 juta – menempatkan Estrela de FURA 55,22 sebagai rubi paling penting dan berharga yang pernah dipasarkan.

Menyusul serangkaian studi awal kristal kasar 101 karat untuk menentukan opsi pemotongan pada awal tahun, Estrela de FURA dipotong dan digosok dengan mahir oleh tim pengrajin – dengan transformasi kasar menjadi batu berbentuk bantalan yang indah, yang menurut laporan dari Swiss Gemmological Institute (SSEF), “menghasilkan warna merah terang berkat banyaknya refleksi internal.” Laporan itu selanjutnya menyatakan, “sebuah rubi alami dari Mozambik dengan ukuran dan kualitas ini dapat dianggap sangat langka sehingga merupakan harta karun alam yang luar biasa.” Permata yang disebutkan di atas sangat kaya akan kromium yang, ketika terkena sinar ultraviolet – seperti yang ditemukan dalam sinar matahari – menyebabkan batu memancarkan fluoresensi merah menyala, sehingga makin meningkatkan pesona batu tersebut, seolah-olah menyala dari dalam.


Estrela de Fura 55.22 cts

Rubi itu telah menjadi salah satu batu permata berwarna yang paling dicari pada saat warna mendominasi dunia perhiasan dan kelangkaan menggerakkan pasar. Rubi yang begitu penting dan besar ini sangatlah langka, dengan hanya dua contoh yang pernah melampaui batas $15 juta dalam lelang, sehingga menjadikan kemunculan permata ini sebagai peristiwa penting tersendiri. Gübelin Gem Lab menyatakan lebih lanjut bahwa rubi ini “mencetak rekor baru bukan hanya untuk rubi Mozambik, tetapi juga untuk rubi pada umumnya.” Estrela de FURA 55,22 bakal menoreh sejarah sebab akan melampaui The Sunrise Ruby, rubi 25,59 karat asal Burma, yang dijual seharga $30,3 juta ($1.185.451 per karat) di Sotheby’s Jenewa pada tahun 2015, dan masih memegang rekor lelang dunia untuk rubi*.

Perjalanan baru batu tersebut dimulai hari ini di Sotheby’s Hong Kong, yang nanti akan memulai turnya ke seluruh dunia, dengan pameran yang dijadwalkan di Taipei, Tiongkok, Singapura, Jenewa, dan Dubai (tanggal lengkap akan dirilis pada waktunya) sebelum menjadi bintang dalam lelang Magnificent Jewels Sotheby’s di New York tanggal 8 Juni.

__________________________________________________________________________________

Penemuan menakjubkan tahun lalu berupa Estrela de FURA 101 karat di tambang FURA di Mozambik sangatlah penting, sehingga mengejutkan semua orang di dunia perhiasan. Kini, dalam keadaan 55,22 karat yang baru, Estrela de FURA 55,22 adalah keajaiban alam sejati dan batu sensasional dengan warna sempurna dan kejernihan luar biasa, berpadu dengan bentuk bantalan yang memesona. Tak diragukan lagi Estrela de FURA diposisikan sebagai patok standar bagi rubi Afrika – dan batu permata pada umumnya, sehingga menyadarkan dunia akan kemampuannya yang setara dengan, dan bahkan melampaui, permata dari Burma, yang biasanya menjadi sumber paling didambakan dan diakui untuk rubi,” kata Quig Bruning, Kepala Perhiasan Sotheby’s, Amerika.

Kami, di FURA, sangat bangga dengan penemuan Estrela de FURA pada tahap dini perjalanan kami di Mozambik. Batu permata penting, seperti Estrela de FURA, sangatlah langka, dan rubi berkualitas-permata yang berfaset indah dengan ukuran 55,22 karat nyaris tak pernah terdengar. Dari analisis mendalam dan studi terhadap batu tersebut – melalui proses pemotongan dan pemolesan – kami telah bekerja dengan kehati-hatian dan respek tertinggi, mengingat betapa penting dan berharganya rubi itu. Menyaksikan penyelesaian Estrela de FURA 55,22 merupakan pencapaian monumental bagi kami semua, dan kami sangat gembira bahwa halaman baru dalam kisah permata yang luar biasa ini dan rubi Mozambik akan segera diukir bersama Sotheby’s,” kata Dev Shetty, Pendiri dan Chief Executive Officer FURA Gems.

__________________________________________________________________________________

PENAMBANGAN RUBI DI MOZAMBIK

Penambangan rubi di Mozambik memiliki sejarah panjang dan kaya, dengan penemuan deposit rubi pertama yang signifikan di negara itu sejak tahun 1960-an. Namun, baru pada awal tahun 2000-an penambangan rubi di Mozambik mendapat momentum nyata, dengan ditemukannya deposit rubi Montepuez di bagian utara negara itu, tempat kristal kasar Estrela de FURA semula ditemukan. Yang terbaik dari rubi Mozambik ini bercirikan transparansi yang luar biasa dan kekayaan warnanya, sehingga menghasilkan kualitas keseluruhan yang luar biasa. Deposit rubi Montepuez adalah salah satu deposit rubi terbesar di dunia, yang banyak diminati perusahaan pertambangan internasional.

__________________________________________________________________________________

CATATAN UNTUK EDITOR

*Rekor dunia saat ini untuk rubi yang dijual dalam lelang dipegang oleh ‘Sunrise Ruby’, batu Burma 25,59 karat, yang dilelang di Sotheby’s Jenewa pada Mei 2015 seharga $30,3 juta. Harga ini juga mencetak rekor baru untuk rubi per karat ($1.185.451 per karat), pada saat itu

__________________________________________________________________________________

TENTANG FURA GEMS

FURA Gems Inc. adalah perusahaan muda dalam penambangan dan pemasaran batu permata berwarna yang didirikan pada tahun 2017. FURA yang berkantor pusat di Dubai, Uni Emirat Arab memiliki lebih dari 1.200 karyawan di seluruh benua. FURA adalah perusahaan pertama yang benar-benar perintis, kreatif, dan etis yang meliputi seluruh spekrum batu permata berwarna.

FURA memiliki tiga anak perusahaan pertambangan yang beroperasi di Kolombia, Mozambik, dan Australia, yang masing-masing menambang zamrud, rubi, dan safir. FURA adalah perusahaan penambangan batu permata berwarna dengan pertumbuhan tercepat yang memiliki tujuan tunggal untuk memastikan stabilitas dan keterlacakan batu permata berwarna yang ditambang secara etis mulai dari bentuk kasar hingga penjualan retail.

FURA Gems akan mengalokasikan sebagian dari hasil penjualan untuk mendirikan Akademi Pelatihan Fura guna mendukung komunitas tempat FURA beroperasi di Mozambik.

Tujuan utamanya adalah menggalakkan akses pendidikan dan pelatihan teknis yang berkualitas bagi penduduk setempat di berbagai aliran kerja seperti pertambangan, pertukangan, teknik, dan pertanian untuk memberi mereka pendapatan yang berkelanjutan. www.furagems.com

__________________________________________________________________________________

TENTANG SOTHEBY’S

Didirikan pada tahun 1744, Sotheby’s merupakan destinasi utama dunia untuk karya seni dan barang mewah. Sotheby’s mempromosikan akses ke kepemilikan barang seni dan barang mewah istimewa melalui lelang dan saluran beli-sekarang, termasuk penjualan secara privat, e-commerce, dan retail. Pasar global kami yang tepercaya didukung oleh platform teknologi terdepan dalam industri dan jaringan para spesialis yang meliputi 40 negara dan 70 kategori, termasuk Seni Kontemporer, Seni Modern dan Impresionis, Karya Lama, Karya Seni China, Perhiasan, Jam Tangan, Wine dan Spirit, serta Desain, juga termasuk mobil koleksi dan realestat. Sotheby’s meyakini kekuatan transformatif seni dan budaya serta berkomitmen untuk membuat industri kita menjadi lebih inklusif, berkelanjutan, dan kolaboratif.

__________________________________________________________________________________

HUBUNGI DI FURA GEMS INC. FURA COMMUNICATION

GIANLUCA MAINA | [email protected]

HUBUNGI DI KOMUNIKASI SOTHEBY’S
AMANDA BASS | [email protected]
ROSE LOBELSON | [email protected]

Foto yang menyertai pengumuman ini tersedia di:
https://www.globenewswire.com/NewsRoom/AttachmentNg/b1433b00-f614-4216-8a1a-ebaee7e1db31
https://www.globenewswire.com/NewsRoom/AttachmentNg/be3a749e-fd1d-4314-96f3-bc2ca459e829
https://www.globenewswire.com/NewsRoom/AttachmentNg/043e4f2a-4d71-4e1d-bb1a-12c81313098e
https://www.globenewswire.com/NewsRoom/AttachmentNg/218b163f-19ab-4d12-b626-fd78c576c57f
https://www.globenewswire.com/NewsRoom/AttachmentNg/5b53cc00-47a3-485e-a7dc-98bc2812ee4e

Leave A Reply

Your email address will not be published.