Berita Nasional Terpercaya

Tidak Bayar PHK, 39 Karyawan PT Taman Wisata Jogja Mencari Keadilan di PHI Yogyakarta

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Sebanyak 39 karyawan PT Taman Wisata Jogja pengelola tempat wisata Water Boom Jogja atau yang dahulu dikenal dengan Jogja Bay Waterpark meminta hak mereka yang belum dibayarkan oleh perusahaan, sejak mereka dirumahkan sejak awal Pandemi Covid-19 melanda melalui Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Yogyakarta.

Melalui Kuasa Hukum mereka, Ahmad Mustaqim, SH, MH, C.PL, C.LE dijelaskan pihaknya pada Senin (10/4/2023) melakukan sidang gugatan atas hak yang belum dibayarkan kepada karyawan PT Taman Wisata Jogja.

“Hari ini melalui PHI Yogyakarta, kami memintakan hak klien kami, karyawan dari PT Taman Wisata Jogja, mengingat klien kami juga telah melaksanakan kewajibannya,” ujar Ahmad usai sidang di PHI Yogyakarta.

Bahkan Ahmad menilai, PT Taman Wisata Jogja yang berisikan orang-orang luar biasa di Yogyakarta, sehingga tidak perlu berlama-lama lagi untuk memberikan hak-hak para pekerja yang telah memberikan kewajibannya.

“Saya mendengar kepemilikan dari PT Taman Wisata Jogja adalah orang-orang luar biasa, orang-orang hebat di Jogja. Harapan saya untuk bisa mendengarkan aspirasi dari para buruh rakyat kecil, sehingga tidak perlu berlama-lama lagi memberikan haknya para pekerja klien kami,” tandas Ahmad.

Dia juga menjelaskan hubungan industrial adalah hubungan antara hak dan kewajiban, manakala para pekerja sudah memberikan kewajiban kepada perusahaan, tinggal perusahaan memberikan hak-haknya pekerja.

“Apalagi ini karyawan yang loyal, dengan masa kerja yang lama,” kata Ahmad.

Dia juga berharap kepada Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) agar bisa mendengarkan aspirasi para pekerja dan buruh di Yogyakarta.

“Saya berharap, melalui pemerintah daerah, khususnya Gubernur DIY agar mendengarkam aspirasi buruh di Jogja, untuk tidak memperlama pemberian hak-hak pekerja,” katanya.

Terlebih, lanjut Ahmad, saat ini situasi mendekati Hari Raya Idul Fitri 1444 H. “Sehingga teman-teman lebih membutuhkan hak mereka,” pungkasnya.

Sementara perwakilan pekerja PT Taman Wisata Jogja yang ikut di-PHK, Edy Yulianto tetap berharap perusahaan tempat dia bekerja memberikan hak-haknya.

“Kami berharap PT Taman Wisata Jogja membayarkan hak-hak kami sesuai norma yang berlaku di Indonesia,” kata Edy. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.