Berita Nasional Terpercaya

Bupati Gunungkidul Lepas Takbir Keliling MWC NU Wonosari

2

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Bupati Gunungkidul, Sunaryanta melepas takbir keliling Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kapanewon Wonosari Tahun 1444 H/ 2023/di Komplek Masjid Al Hidayah, Trimulyo II, Kepek, Wonosari, Jumat malam (21/4/2023). Ada 14 ranting Kota Wonosari MWC NU yang mengikuti takbir keliling.

Ketua MWC NU Kapanewon Wonosari, Fatah Yasin mengatakan takbir keliling dilaksanakan dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan jumlah armada yang cukup banyak.

“Jumlah keseleruhan peserta ada 2.770 orang menggunakan kendaraan Roda 2 tercatat 1.130 kendaraan dan 81 kendaraan roda 4,” terangnya.

Baca Juga Gunungkidul Punya Potensi Besar Di Sektor Kerajinan

Pihaknya juga mengatakan, tradisi takbir keliling sebagai bentuk menghargai apa yang menjadi keputusan Pemerintah, bahwa sidang isbat Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Sabtu 22 April 2023. Takbir keliling juga merupakan bagian dari warisan sesepuh NU.

“Kita tekankan kepada peserta takbir agar menjaga ketertiban lalu lintas, kita bertakbir bukan untuk balapan, sekali lagi agar menjaga ketertiban lalu lintas,” ucap Fatah.

Adapun Route tabkir keliling mengambil Start di komplek Masjid Al Hidayah Trimulyo II Kepek-Sapit urang ke Kanan-Bangjo Penmas ke Kiri-Jln Tentara Pelajar-Simpang 3 Kranon ke Kanan-Jalan KH Agus Salim (PEMDA). Dilanjutkan melalui Jalan Brigjen Katamso Pasar Argosari.

Dilanjutkan Jalan Mgr Sugiyo Pranoto-Bangjo Simpang 4 Baleharjo Kiri-Jalan Insinyur Darmakum Darmokusumo Baleharjo- Bangjo Simpang 4 Selang Ke Utara-Arah ke Budegan Piyaman-Bangjo Simpang 4 Budegan ke Kiri-Bangjo Simpang 4 RSUD Lurus ke PEMDA ke Selatan-Masjid Safinatunnajah Trimulyo I-Finish

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan takbir keliling bisa dimaknai sebagai perwujudan suka cita setelah mengakhiri perjalanan ibadah puasa selama 30 hari. Suka cita ini di niatkan dalam bentuk beribadah kepada Allah.

Baca Juga Pemkab Gunungkidul Bersama BRIN Riset Belalang Menjadi Snackbar

“Saya mohon dengan sangat dan hormat kepada para peserta takbir agar menjaga keamanan ketertiban sehingga kegiatan besok pagi bisa melaksakan ibadah yang lain dengan lancar,” ucap Bupati.

Pelepasan Takbir keliling diawali dengan doa oleh Rois Syuriah PCNU Gunungkidul KH Drs Bardan Usman, MPdI dilanjutkan dengan pengibaran bendera start oleh Bupati Gunungkidul, Sunaryanta.

Turut hadir, Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri, SIK, Kapolsek Wonosari Kompol Edy Purnomo, Panewu Wonosari Agung Danarta Ketua Pengurus Cabang NU Kabupaten Gunungkidul Drs KH Sa’ban Nuroni, MA, Ketua Tanfidiah NU Kapanewon Wonosari H Suyanto. (jat)

2 Comments
  1. […] Baca Juga Bupati Gunungkidul Lepas Takbir Keliling MWC NU Wonosari […]

  2. […] Baca Juga Bupati Gunungkidul Lepas Takbir Keliling MWC NU Wonosari […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.