Berita Nasional Terpercaya

Pemuda Gereja Ikut Pengamanan Sholat Ied di Alun-alun Wates

4

KULONPROGO, BERNAS.ID – Para pemuda Gereja di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersinergi dengan pihak kepolisian mengamankan jalannya Sholat Idul Fitri di beberapa lokasi pada hari 21-22 April 2023. Diantaranya, yaitu Alun-alun Wates, Karangsari Pengasih, Demangrejo Pengasih, dan wilayah Kalibawang.

Subadri, Takmir Masjid Sultan Agung mengucapkan terima kasih atas bantuan dari pihak kepolisian bersama relawan pemuda Gereja Promasan Banjaroyo ikut membantu kelancaran Sholat Ied yang menunjukkan indahnya toleransi. Menurutnya, tali persaudaraan antarumat beragama di Kabupaten Kulonprogo sangat harmonis.

“Sudah sejak lama umat Islam menjalin tali persaudaraan antaragama di Kabupaten Kulonprogo. Pihaknya selalu bekerjasama dengan gereja di wilayahnya. Kita lihat hari ini umat Kristen yang membantu kami,” kata Pak Subadri.

Baca Juga 1.161 WBP Di DIY Terima Remisi Khusus Idulfitri, 21 Langsung Bebas

Para pemuda gereja membantu kegiatan parkir dimulai pada pukul 05.30 di Alun-alun Wates setelah sebelumnya berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan RW setempat.

Pendeta Martinus Dwi Anggara mengatakan, kegiatan para pemuda gereja membantu kelancaran Sholat Ied merupakan kegiatan tahunan yang sudah dilakukan dari beberapa tahun sebelumnya.

Ia menceritakan kaos yang dipakai bertuliskan Aku Kancamu melatarbelakangi para pemuda Gereja dalam membangun semangat toleransi, saling menghormati, dan mengasihi.

Baca Juga Bupati Gunungkidul Lepas Takbir Keliling MWC NU Wonosari

Menurutnya, kegiatan para pemuda Gereja ini merupakan salah satu wujud kerukunan umat beragama yang telah menjadi tradisi tahunan membantu pihak kepolisian Polres Kulonprogo untuk mengamankan jalannya ibadah. Ia menyebut begitu pula sebaliknya saat perayaan Natal, pihak pemuda dari masjid turut membantu kita untuk mengamankan serta mengatur lalu lintas bersama kepolisian.

“Kiranya tindakan kasih yang kami lakukan, meskipun sederhana mendatangkan kebaikan untuk semuanya,” tutur Pendeta Martinus Dwi Anggara.

Sementara itu, semangat toleransi di Kalibawang, sejumlah gereja besar membantu pengamanan dan penataan parkir Jamaah Sholat Idul fitri di Halaman Masjid Sultan Agung Kalibawang, Sabtu (22/4/2023). Beberapa anggota Polsek Kalibawang dan Pemuda Gereja Promasan Banjaroyo melaksanakan kegiatan pengamanan. (jat)

4 Comments
  1. […] Baca Juga Pemuda Gereja Ikut Pengamanan Sholat Ied Di Alun-Alun Wates […]

  2. […] Baca Juga: Pemuda Gereja Ikut Pengamanan Sholat Ied Di Alun-Alun Wates […]

  3. […] Baca Juga Pemuda Gereja Ikut Pengamanan Sholat Ied Di Alun-Alun Wates […]

  4. […] Baca Juga Pemuda Gereja Ikut Pengamanan Sholat Ied Di Alun-Alun Wates […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.