Berita Nasional Terpercaya

H+1 Lebaran, Posko THR Kemnaker Terima 2.303 Aduan

0

JAKARTA, BERNAS.ID  Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menyampaikan, Pos Komando Satuan Tugas (Posko Satgas) THR Keagamaan 2023 tetap buka, untuk memberikan pelayanan selama Libur Nasional Hari Idulfitri 1444 H dan Cuti Bersama.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi mengatakan, hingga 23 April 2023, Posko THR telah menerima 2.303 aduan seputar pembayaran THR.

“Data aduan yang masuk sampai 23 April adalah 2.303 laporan untuk 1.537 perusahaan. Sedangkan yang sudah ditindaklanjuti adalah 278 aduan. Lainnya sedang proses validasi dan verifikasi,” kata Anwar dalam keterangan tertulis, Minggu (23/4/2023).

Baca Juga: Menaker Terbitkan Surat Edaran THR Wajib Dibayar Penuh

Anwar mengatakan, dari 1.537 perusahaan yang diadukan, Provinsi DKI menjadi daerah terbanyak yakni 425 perusahaan, diikuti Provinsi Jawa Barat yakni 305 perusahaan.

“Sementara daerah paling sedikit aduan adalah Provinsi Sulawesi Barat dan Provinsi Papua Barat yang hingga saat ini belum ada aduan tentang THR,” katanya.

Adapun jenis aduan yang masuk terdiri dari 1.162 aduan THR tidak dibayarkan, 753 THR dibayarkan tidak sesuai ketentuan, serta 388 THR yang terlambat dibayarkan.

Baca juga: Kemenaker: Dunkin’ Donuts Sepakat Bayar THR Pekerja

Anwar menambahkan, usai Cuti Bersama, pihaknya akan menggelar Rapat Koordinasi guna menindaklanjuti aduan-aduan tersebut.

“Kita akan laksanakan koordinasi dengan Dinas-dinas Ketenagakerjaan Provinsi untuk mengakselerasi penyelesaian aduan, sembari menunggu H+7 untuk melihat jumlah terakhir aduan,” imbuhnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.