Berita Nasional Terpercaya

1.720 Warga Kepri Akhirnya Bisa Mudik Gratis Walau Sempat Tertunda

0

BATAM, BERNAS.ID – Masyarakat Kepulauan Riau (Kepri) yang sempat tertunda kepulangannya ke kampung halaman karena tidak kebagian atau memiliki biaya membeli, bisa tersenyum lega. Pasalnya, sejak H+4 atau Selasa (25/4/2023) hingga H+7 atau Jumat (28/4/2023) Lebaran 2023, Polda Kepri memberangkatkan 1.720 pemudik secara gratis.

“Alhamdulillah, tahun ini kami bisa membantu saudara-saudara untuk mudik ke kampung halamannya melalui Program Balik Mudik Gratis,” kata Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan, Rabu (26/4/2023).

Jadwal pemberangkatan layanan mudik gratis pada Selasa 25 April 2023, dilakukan oleh Polresta Tanjungpinang yang memberangkatkan 500 pemudik tujuan Tanjungpinang-Batam menggunakan kapal Oceana Ferri.

Baca juga: Kuota Mudik Gratis Pakai Bus Penuh, Kalau KA Dan Kapal Laut Masih Ada

Kemudian dilakukan juga oleh Polres Bintan dengan tujuan Bintan-Batam sebanyak 100 pemudik menggunakan speedboat melalui pelabuhan Linggi Speed dan 100 pemudik melalui pelabuhan ASDP Bintan, sehingga total yang diberangkatkan sebanyak 200 pemudik.

Selanjutnya masih pada tanggal 25 April 2023, Polres Karimun memberangkatkan 240 pemudik tujuan Karimun-Batam menggunakan Nippon Natalia Feri. Kemudian Polres Natuna memberangkatkan 70 pemudik dengan rute Pelabuhan Binjai-Pelabuhan Sedanau.

Hari ini, Rabu (26/4/2023), pemberangkatan Program Balik Mudik Gratis dilakukan dua Polres, yakni Polres Lingga sebanyak 50 pemudik rute Lingga-Tanjungpinang dan 85 pemudik rute Dabo-Batam dengan jumlah total sebanyak 135 pemudik serta Polres Anambas yang memberangkatkan 75 pemudik rute Pulau Palmatak-Pulau Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Terakhir, Jumat (28/4/2023) yang dilakukan Polresta Barelang dengan memberangkatkan 500 pemudik rute Batam-Jambi menggunakan kapal ASDP,” tambah Jansen.

Baca juga: Kapal Laut Dipersiapkan Untuk Transportasi Mudik

Program Balik Mudik Gratis ini merupakan instruksi dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta dalam rangka commander wish Kapolda Kepri, yakni program tiga Peningkatan Sinergitas Terhadap Semua Elemen Masyarakat Dalam Rangka Binkamtibmas.

“Pendaftaran kemarin kami lakukan secara online maupun datang langsung langsung ke pos-pos Operasi Ketupat Seligi 2023 yang ada di masing-masing Kota ataupun Kabupaten di Kepri,” imbuh Jansen.

Dia berharap agar masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran, untuk selalu mengutamakan keselamatan demi menjaga keamanan dan kenyamanan bersama pemudik lainnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.