Berita Nasional Terpercaya

UIN Suka Buka Jalur Penerimaan Mahasiswa UM-PTKIN

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (Suka) juga membuka jalur Ujian Masuk-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang digelar secara serentak oleh seluruh PTKIN di bawah naungan Kementerian Agama RI sampai dengan 15 Mei 2023 melalui laman https://um.ptkin.ac.id/.

Proses seleksi pada jalur UM-PTKIN menggunakan ujian berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang bisa diikuti oleh siswa kelas 12 di tahun 2023 maupun lulusan MA/SMA/SMK/Pesantren Muadalah/Sederajat tahun 2021 dan 2022. Diketahui, UIN Sunan Kalijaga yang merupakan satu-satunya PTKIN terakreditasi Unggul, saat ini memiliki 65 program studi (prodi) yang terdiri dari 41 prodi jenjang sarjana (24 prodi keagamaan dan 17 prodi umum), 18 prodi jenjang magister, serta 6 prodi untuk jenjang doktor.

Baca Juga Perkuat Peran Guru Dalam Ciptakan Lingkungan Pendidikan Toleran

Ketua Admisi, Aulia Faqih Rifa’I mengatakan proses seleksi UM-PTKIN dilaksanakan dengan sistem berbasis komputer, online-onsite. “Bagi yang belum lolos jalur SPAN-PTKIN pun bisa mendaftar melalui jalur UM-PTKIN. Pada jalur ini calon peserta ujian harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp200.000 dengan pilihan maksimal 3 (tiga) prodi,” terangnya.

Lanjut tambahnya, sebelum ujian SSE pada tanggal 29 Mei-8 Juni 2023, peserta akan mengikuti uji coba SSE terlebih dahulu tanggal 22-24 Mei 2023. Pada tahapan uji coba, peserta ujian akan melaksanakan simulasi guna memastikan agar pada saat ujian nanti berjalan dengan lancar. Untuk hasil UM-PTKIN akan diumumkan pada tanggal 23 Juni 2023.

“Walaupun ujian dilaksanakan berbasis online, para peserta tetap harus datang ke kampus yang dipilih sebagai lokasi ujian pada saat pendaftaran. Para peserta nantinya wajib melaksanakan uji coba dan ujian SSE sesuai dengan jadwal yang tertera pada masing-masing kartu ujian peserta,” ucap Aulia.

Ia mengatakan pada jalur UM-PTKIN, UIN Sunan Kalijaga menyediakan kuota lebih besar, yakni 1.364 kuota untuk 24 prodi keagamaan. Sementara materi ujian UM-PTKIN 2023 tidak ada lagi kelompok ujian saintek (sains dan teknologi) maupun soshum (sosial dan humaniora). Namun, peserta akan diberikan materi ujian yang terdiri dari potensi kognitif, literasi matematika, literasi membaca, dan literasi ke-Islaman.

Baca Juga Gunungkidul Usulkan 10 Ruas Jalan Kabupaten Melalui Program Inpres

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof Iswandi Syahputra menjawab rumor masuk UIN Suka Yogyakarta mahal. Ia mengatakan Sunan Kalijaga menyandang status Badan Layanan Umum (BLU) dengan Sistem UKT (uang kuliah tunggal).

“Semangat yang diusung gotong-royong sehingga yang kurang mampu dibantu oleh yang mampu. UKT kami dari 400 ribu rupiah dan tertinggi 9 juta rupiah. Untuk Prodi Informatika tanpa uang pangkal/sumbangan pendidikan,” tuturnya.

“Nanti akan dilakukan verifikasi sesuai profil ekonomi dan banding UKT yang dibuka tiap semester mulai semester 2 jika ada perubahan kondisi ekonomi. Disediakan banyak beasiswa yang pendaftarannya dibuka ketika sudah menjadi mahasiswa,” lanjutnya.

Ia juga membantah mahasiswa UIN Suka Yogyakarta wajib mondok. Menurutnya, yang ada kewajiban mondok ini melekat pada program beasiswa tertentu tidak untuk semua mahasiswa, misalnya khusus mahasiswa yang mendapat beasiswa X wajib mondok sekian bulan. “Lalu, isunya masuk UIN Suka Yogyakarta menjadi radikal, justru sebaliknya kami memiliki semangat nasionalisme, Pancasila dan Islam yang rahmatan lil alamin. Kami menerima mahasiswa semua latar belakang agama,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.