Berita Nasional Terpercaya

Bupati Sleman Kukuhkan 55 Kader Pancasila Kalurahan Trihanggo

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengukuhkan 55 kader Pancasila Kalurahan Trihanggo, Gamping, Sleman di kantor setempat, Senin (8/5/2023). Kegiatan pengukuhan ini diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sleman.

Baca Juga Gunungkidul Usulkan 10 Ruas Jalan Kabupaten Melalui Program Inpres

Kustini berharap para kader Pancasila dapat menjadi contoh di lingkungannya dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. “Ini adalah tugas yang mulia tapi tidak mudah. Pancasila tidak hanya dihafalkan sebagai slogan, tapi kader Pancasila harus bisa mentransformasikan nilai-nilai Pancasila di masyarakat,” ucapnya.

Sementara Indra Darmawan, Sekretaris Badan Kesbangpol Sleman menerangkan kader Pancasila Kalurahan Trihanggo merupakan hasil dari workshop Pancasila yang lebih dulu diadakan. Kegiatan ini merupakan upaya berkelanjutan dalam rangka revitalisasi dan reaktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Baca Juga Kedungpoh Park, Wisata Sunset Dan Kuliner Baru Gunungkidul

“Pembentukan Kalurahan Berkarakter Pancasila sudah dimulai tahun 2018. Saat ini sudah terbentuk 22 Kalurahan. Untuk tahun 2023 ini ada 6 kalurahan yang akan dijadikan rintisan Kalurahan Berkarakter Pancasila, yakni Kalurahan Trihanggo, Kalurahan Margomulyo, Kalurahan Caturtunggal, Kalurahan Minomartani, Kalurahan Sumbersari, dan Kalurahan Girikerto,” jelasnya.

Lebih lanjut dalam workshop ini dihadirkan sejumlah narasumber, di antaranya Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman, Pusat Studi Pancasila UGM dan Kepala Bidang Bina Ideoligi, Wawasan Kebangsaan, dan Karakter Bangsa dan Praktisi. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.