Berita Nasional Terpercaya

Optimalkan Kinerja Mechanical Bar Screen, Tim UMY Wujudkan Kali Bersih di Kauman Babadan

0

BANTUL, BERNAS.ID – Melalui kemitraan dengan Marbot Masjid Nur Rohman Kauman, Babadan, Tim Pelaksana Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) turut mendukung terciptanya kali bersih yang menyusuri Dusun Plumbon, Kapanewon Banguntapan, Bantul.

Tim UMY yang diketuai Berli Paripurna Kamiel, dosen Fakultas Teknik bersama Endah Saptutyningsih, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis melakukan modifikasi Mechanical bar screen yang merupakan kelanjutan program PKM sebelumnya untuk mendukung Merti Kali di Kawasan tersebut.

Baca Juga : UU Cipta Kerja Disahkan, Ekonom UMY: Negara Ini Butuh Terobosan Hukum

“Potensi sungai di Kauman Babadan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan sebagai potensi sumber penghasilan dari sektor perikanan masih belum optimal dengan dipasangnya Mechanical Bar Screen, karena sampah kecil masih belum tersaring oleh alat tersebut. Oleh karena itu, kami Tim Pelaksana PKM dari UMY dengan didanai LPM UMY melakukan optimalisasi kinerja mechanical bar screen,” ujar Dosen Fakultas Teknik UMY, Berli Paripurna Kamiel di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Endah, sebagai anggota Tim PKM UMY, program ini dilaksanakan agar sungai menjadi lebih bersih dan dapat dimanfaatkan oleh warga setempat sehingga potensi sungai dengan kualitas air yang lebih baik dapat menciptakan ekonomi kreatif berupa inisiasi wisata sungai yang nantinya bisa mendorong peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

“Selain itu, Program PKM ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan, sehingga memberikan manfaat langsung terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat,” jelas Endah. (cdr)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.