Berita Nasional Terpercaya

Bupati Anjangsana dan Ziarah ke Para Pendahulu Jelang Hari Jadi Gunungkidul ke-192

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mengelar berbagai ragam kegiatan untuk menyambut hari jadi ke-192 Tahun 2023. Salah satunya, ziarah ke makam bupati terdahulu dan anjangsana ke kediaman mantan bupati sebelumnya.

Dalam kegiatan ziarah yang dilaksanakan pada hari Rabu (17/5/2023), panitia membagi tim ziarah menjadi tiga tim. Rombongan Bupati Gunungkidul ziarah ke makam Hasto Renggo Kota Gede.

Baca Juga Kedungpoh Park, Wisata Sunset Dan Kuliner Baru Gunungkidul

Ketua Panitia Penyelanggara Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-192, Agus Hartadi mengatakan tim ziarah bupati menuju ke makam almarhum KPH Tirtodiningrat, KPH Surjaningrat, dan KPH Djoyodiningrat, BA.

Selanjutnya rombongan bupati melanjutkan perjalanan ke makam Gunung Sempu, Bantul untuk ziarah ke Makam Almarhum Ir. Darmakum Darmokusumo. Dalam ziarah ini juga dihadiri perwakilan seluruh anggota keluarga almarhum.

“Sebelum ziarah kita juga anjangsana ke kediaman mantan bupati Kanjeng Mas Tumenggung Mangun Kusumo, KRT Harsodiningrat,” terang Ketua Panitia HUT Guningkidul ke 192, Agus Hartadi

Sementara untuk tim ziarah dua yang dipimpin oleh Agus Priyanto mengunjungi makam almarhum KRT Brataningrat yang berada di Makam Blunyuh Gede dan makam almarhum KRT Sosrohadoningrat yang berada di Makam Kentingan.

“Semoga hubungan silaturahmi tetap terjaga, kita juga meminta doa restu kepada keluarga almarhum dalam kami membangun Gunungkidul diberikan kelancaran,” terang Agus.

Terpisah, untuk rombongan tim ziarah tiga, yakni rombongan Sekretaris Daerah Sri Suhartanta melakukan ziarah ke makam Alm. KRT Dirdjodiningrat, Alm. KRT Labaningrat, dan Alm. KRT Djojodiningrat yang terletak dalam satu komplek makam Kuncen.

Pihak keluarga pun menyambut Sekretaris daerah bersama rombongan dengan sukacita. Keluarga menyambut senang karena kegiatan ziarah sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

“Terhenti selama 3 tahun karena pandemi, senang karena dilaksanakan lagi ziarah ke mantan Bupati seperti ini karena sebagai bentuk perhatian dari pemerintah Kabupaten Gunungkidul terhadap sejarah,” ucap dari salah satu pihak keluarga.

Baca Juga Gunungkidul Usulkan 10 Ruas Jalan Kabupaten Melalui Program Inpres

Setelah dari Makam Kuncen, rombongan kemudian menuju Makam Lempuyangan untuk berziarah ke makam dari Alm. KRT. Mertodiningirat.

“Kita doakan yang terbaik untuk para Almarhum, semoga ditempatkan yang terbaik di sisi-Nya dan meneruskan harapan dan perjuangannya untuk membangun Gunungkidul yang lebih baik,” kata Sri Suhartanta dalam sambutannya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, anjangsana dan ziarah dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur Gunungkidul sekaligus kepada mantan bupati yang sudah memberikan jasa terhadap pembangunan Gunungkidul.

“Anjangsana dilakukan dalam rangka silahturahmi untuk menyambung persaudaraan, sekaligus ingin mendapatkan arahan dari para senior,” tukas Sunaryanta. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.