Berita Nasional Terpercaya

Jelang 2024, Forum 2045 Ajak Masyarakat Jadi Netizen Cerdas

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Sekelompok cendekiawan Yogyakarta yang tergabung dalam Forum 2045, mengajak rakyat Indonesia mewujudkan pemilu 2024 berjalan dengan tertib, aman, dan damai serta menjamin partisipasi seluruh rakyat, tidak disetir oleh segelintir elit oligarki ekonomi dan elit partai politik. Melalui “Seruan Moral Politik Forum 2045” pada Sabtu, 20 Mei 2023 di Pendopo Monumen Diponegoro Yogyakarta, mereka mengajak semua pihak untuk mewujudkan demokrasi Pancasila dengan mengutamakan nilai-nilai kejujuran, keadilan, dan keteladanan, dalam berkompetisi secara langsung, umum, bebas dan rahasia.

“Menyerukan seluruh rakyat Indonesia, warga masyarakat digital netizen yang cerdas dan kritis, agar waspada tidak terpengaruh ujaran kebencian, fitnah, berita palsu, atau berbagai upaya adu domba yang dapat menimbulkan perpecahan bangsa. Mengajak seluruh tokoh masyarakat, alim ulama, cerdik cendekia, intelektual organik, para aktivis guru dan mahasiswa berperan aktif untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa, mengembangkan literasi demokrasi serta memantau dan mengawasi jalannya proses Pemilu 2024,” ujar forum tersebut dalam seruannya.

Baca juga: Pemilu 2024 Dipastikan Digelar Tanggal 14 Februari

Massa juga mengajak segenap organisasi keagamaan, organisasi masyarakat sipil, media masa, lembaga pendidikan, lembaga adat, dan komponen bangsa lainnya, untuk turut serta menjadi pemandu nalar akal budi dan mewujudkan perilaku rakyat yang berdaulat. Ini dengan cara menyelenggarakan siar pendidikan politik agar rakyat bisa memilah dan memilih wakil rakyat maupun Presiden dan Wakil Presiden yang berakhlak mulia dengan sifat jujur, dipercaya, bertanggungjawab, dan cerdas.

“Mendesak pada para elit politik dan elit pemerintahan untuk taat memenuhi janji politiknya dengan tuntas dan lunas,” ujar massa.

Baca juga: Kapolri: Persatuan Kesatuan Di Pemilu 2024 Syarat Mutlak

Menurut Ketua Forum 2045, Dr Untoro Hariadi forum ini tidak membahas mengenai siapa sosok yang dirasa cocok memimpin Indonesia selanjutnya. Namun yang lebih penting adalah bagaimana terus memajukan demokrasi di Indonesia, demi mewujudkan Indonesia Emas di 2045.

“Karena sejak reformasi, kualitas pemilu kita terus menurun,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.