Berita Nasional Terpercaya

Pemkab Gunungkidul Bedah Rumah Warga Jelang Hari Jadi ke-192

1

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Bedah rumah menjadi salah satu kegiatan dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-192 Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan bedah rumah bekerjasama dengan Baznas dan pembagian paket sembako untuk lansia.

Baca Juga Kedungpoh Park, Wisata Sunset Dan Kuliner Baru Gunungkidul

Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menyasar Kalurahan Beji, Patuk. Rumah milik Ibu Sukamardina di Padukuhan Gunungan mendapat bantuan perbaikan sehingga rumah tak layak huni miliknya kini dibangun lebih permanen.

“Rumah ini termasuk sisa program Tahun 2022 yang diresmikan oleh Bupati bertepatan dengan Hari Jadi ke 192 Kabupaten Gunungkidul,” tutur Mustangid, Ketua Baznas Gunungkidul, Senin (22/5/2023).

Ia mengatakan pada tahun 2022, Baznas mendapat pengajuan RTLH hampir 88 unit. Ada sebanyak 38 RTLH sudah selesai diperbaiki dan untuk tahun 2023, sudah berjalan perbaikan 12 RTLH. “Tahun 2023, targetnya lebih dari 100 RTLH, baik dari anggaran pusat maupun daerah,” ujarnya.

Tidak hanya bedah rumah, Tahun 2023, Baznas juga fokus pada penanganan stunting dan pengurangan kemiskinan. Program pusat ini mulai direalisasikan oleh Baznas Gunungkidul. “Sudah masuk dalam program, kita berikan bantuan permakanan pada 37 lansia seumur hidup. Distribusi bantuan setiap 3 bulan sekali,” kata Mustangid.

Sementara untuk penanggulangan stunting, ia menyebut Baznas mengambil langkah dengan pemberian telur omega kepada 100 anak. “Ini diharapkan akan memacu perkembangan otak,” ucap Mustangid.

Baca Juga Gunungkidul Usulkan 10 Ruas Jalan Kabupaten Melalui Program Inpres

Lurah Beji, Patuk, Arif Wahyu Saputra mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Gunungkidul atas perhatian pembangunan rumah warga di wilayahnya. Pemerintah kalurahannya akan mengajukan lagi 6 warga yang membutuhkan bantuan serupa. “Semoga ini dapat bermanfaat untuk warga kami,” katanya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta berharap bedah rumah ini dapat memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat sehingga warga bersemangat dalam menjalani kehidupan. “Sudah bagus rumahnya, nyaman silahkan ditempati dan dijaga dengan baik,” katanya.

Orang nomor satu di Gunungkidul ini juga meminta pemerintah kalurahan memperhatikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang berada di wilayah masing- masing dan melakukan pendataan.

“Data RTLH di Gunungkidul saat ini mencapai 12-14 ribu. Ya mudah-mudahan ini semuanya segera diperbaiki dan mereka nyaman menempati rumah milik sendiri,” tukasnya. (jat)

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Pemkab Gunungkidul Bedah Rumah Warga Jelang Hari Jadi ke-192 […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.