Berita Nasional Terpercaya

YoGowes Napak Tilas Awali Rangkaian Kegiatan HUT ke-76 Pemkot Yogyakarta

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah Kota Yogyakarta memasuki usianya ke-76 pada 7 Juni 2023 mendatang. Merayakan Hari Ulang Tahunnya, berbagai kegiatan diselenggarakan guna menyemarakan hari jadi Pemkot Yogyakarta.

Salah satunya, yang mengawali rangkaian kegiatan HUT ke-76 Pemkot Yogyakarta adalah YoGowes Napak Tilas 76 tahun Pemerintah Kota Yogyakarta, yang akan diselenggarakan pada Senin (5/6/2023) pagi.

Kabid Pora Disdikpora Kota Yogyakarta, Agus Trimadi sekaligus panitia YoGowes Napak Tilas 76 tahun Pemerintah Kota Yogyakarta menjelaskan, sedikitnya akan ada 1.000 peserta yang akan mengikuti gowes sepeda tersebut.

“Nanti kita akan melakukan napak tilas dengan gowes sepeda mendatangi bangunan yang pernah dijadikan kantor Pemerintah Kota Yogyakarta,” ujar Agus kepada awak media di Balaikota, Rabu (31/5/2023).

Baca Juga : Ini Harapan Tokoh Masyarakat pada Hari Jadi Pemkot Yogyakarta ke-75

Agus memaparkan, kegiatan YoGowes itu sendiri akan dimulai dari Kafe Poenokawan, Jalan Kyai Ahmad Dahlan dengan jumlah peserta 300 orang, dengan membawa pataka, untuk selanjutnya dibawa ke pos kedua yaitu di Sasana Hinggil Keraton Yogyakarta.

“Di Kafe Poenokawan dilakukan pembukaan oleh bapak Pj Walikota Yogyakarta dilanjutkan penyerahan pataka Pemkot Yogyakarta kepada Bergada, untuk selanjutnya peserta gowes menuju pos kedua,” kata Agus.

Kemudian, masih disampaikan Agus, di pos kedua, Sasana Hinggil Keraton Yogyakarta 300 peserta lainnya sudah menunggu untuk melanjutkan perjalanan menuju pos ketiga di Ndalem Notokusuman, Pakualaman. Sehingga total jumlah peserta menjadi 600 orang.

“Di pos kedua, Sasana Hinggil akan dilakukan penyambutan, dan dilakukan pelepasan kembali menuju pos ketiga di Ndalem Notokusuman, Pakualaman,” kata Agus.

Lalu, sambung Agus, para peserta yang telah sampai di Ndalem Notokusuman akan disambut oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Pakualaman, dan untuk selanjutnya akan meneruskan menuju pos terakhir di Komplek Balaikota Timoho.

Baca Juga : Kurangi Sampah, Pemkot Yogyakarta Akan Tambah TPST

“Dari Ndalem Notokusuman akan ada 400 peserta, berarti secara keseluruhan genap 1.000 peserta yang melanjutkan perjalanan gowes menuju Komplek Balaikota Timoho,” kata Agus.

Sesampainya di Balaikota, dilakukan kirab pataka dikawal Bergada dengan diiringi genderang, untuk selanjutnya pataka tersebut diserahkan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) dan Asisten Administrasi Umum serta jajaran Pemkot Yogyakarta.

“Di Balaikota Timoho juga akan diramaikan dengan hiburan musik, pengundian doorprize, serta penyerahan hadiah lomba gerak jalan POR Korpri Kota Yogyakarta,” jelas Agus.

Ditambahkan Agus, jalur yang ditempuh peserta gowes adalah 7,6 kilometer dengan rute Kafe Poenokawan – Sasana Hinggil Keraton Yogyakarta – Ndalem Notokusuman – Balaikota Timoho.

“7,6 kilometer, sesuai dengan usia Pemkot Yogyakarta, yaitu 76 tahun,” pungkasnya. (mar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.