Berita Nasional Terpercaya

Dhaksinarga Night Carnival Meriahkan Hari Jadi ke-192 Kabupaten Gunungkidul

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Dhaksinarga Night Carnival menjadi salah satu rangkaian dalam penyelenggaraan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-192, Sabtu malam (27/5/2023). Karnaval budaya ini memiliki rute dari Pertigaan Kranon sampai Monumen Tobong, Siyono.

Baca Juga: Kedungpoh Park, Wisata Sunset Dan Kuliner Baru Gunungkidul

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta memulai karnaval dengan mengibarkan bendera start sebagai tanda dimulainya Dhaksinarga Night Carnival 2023. Acara ini pun sukses mengundang perhatian ribuan pengunjung dari dalam dan luar daerah yang tampak memadati rute karnaval.

Bupati Gunungkidul mengungkapkan kebanggaannya atas antusiasme yang begitu besar dari masyarakat dan para pengunjung. “Dhaksinarga Night Carnival tahun ini memberikan warna baru pada perayaan Hari Jadi Gunungkidul. Kami berharap acara ini dapat memperkuat semangat kebersamaan dan kebanggaan akan budaya daerah kita,” tuturnya.

Dhaksinarga Night Carnival menjadi salah satu acara unggulan dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul. Acara ini dipenuhi atraksi dan pertunjukan yang memukau karena menghadirkan ragam seni dan budaya dari berbagai daerah. 20 penampil dari dalam dan luar daerah hadir.

Masyarakat Gunungkidul tampak antusias menyaksikan parade karnaval yang mempesona. Kostum-kostum indah, tarian yang memikat, musik yang menghentak, serta atraksi yang menakjubkan menjadi daya tarik utama Dhaksinarga Night Carnival.

Drum band AAU Gita Dirgantara Yogyakarta membuka acara penuh energi dengan irama dan atraksi menakjubkan. Tak kalah menarik, drum band SMA N 2 Playen juga memberikan penampilan yang memukau penonton.

Baca Juga: Gunungkidul Usulkan 10 Ruas Jalan Kabupaten Melalui Program Inpres

Ikut menyemarakkan Rampak Gandhewa Bantul, Kolosal Gumbregan SMAN 1 Semin, Bregada Klinthing Pacitan, Ronthek SMAN 1 Karangmojo, Limbuk Kota Yogyakarta, Dewa Kahyangan SMAN 1 Semanu, Tayub Rinengga Sleman, Kreasi Kubrosiswo Pesona Sembada SMKN 2 Wonosari, Seni Kolosal Golong Gilig Bali, Tari dan Gamelan Bali SMAN 2 Wonosari, Babad Alas Nongko Doyong Kulonprogo, Angguk MAN Wonosari, Kreasi Kipas Bendera Temanggung, Jaranan SMAN 1 Tanjungsari, Buto pesisir Biota Laut SMKN 3 Wonosari, Eksplorasi Bambu Banyuwangi, dan Gandrung Banyuwangi menambahkan keberagaman budaya yang menarik.

Turut hadir Ketua DPRD, jajaran Forkopimda Kabupaten Gunungkidul, dan perwakilan dari Dinas Kebudayaan Provinsi DIY, serta kabupaten tetangga dari Pacitan, Temanggung dan Kulonprogo. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.