Berita Nasional Terpercaya

Bupati Sleman Kampanye Cukup Dua Telur di Minggir

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman terus berupaya untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Sleman. Pemkab Sleman menargetkan penurunan angka stunting di angka 4 persen pada tahun 2024 nanti.

Baca Juga: Lurah Aktif Caturtunggal Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Tanah Kas Desa

Bupati Sleman secara simbolis membagikan butir telur kepada sejumlah masyarakat dari Kapanewon Minggir saat acara bertajuk Semesta Mencegah Stunting dengan kampanye #CukupDuaTelur di kantor Kapanewon Minggir, Rabu (31/5/2023).

Kampanye #CukupDuaTelur ini merupakan program yang diluncurkan Badan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) guna menekan angka stunting. Pemilihan telur dalam program ini karena telur sebagai sumber protein hewani yang terbilang mudah didapatkan dan harganya terjangkau masyarakat.

Kustini mendukung penuh kegiatan dan kampanye #CukupDuaTelur. Dengan upaya ini diharapkan dapat angka stunting di Kabupaten Sleman yang saat ini di angka 6,8 persen. “Kita juga perlu kolaborasi dari semua pihak. Keberadaan bapak asuh stunting juga penting sekali. Bagi masyarakat yang mampu mari bersama-sama kita cegah stunting dengan memenuhi asupan gizi bagi ibu hamil dan bayi,” tuturnya.

Baca Juga: Satpol PP DIY Segel Perumahan Tak Berizin Di Maguwoharjo

Shodiqin, Kepala Perwakilan BKKBN DIY menyebut upaya pencegahan stunting memerlukan sinergi dan kolaborasi dari berbagai stakeholder. Hal itu sesuai Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting yang holistik, integratif, dan berkualitas melalui koordinasi, sinergi, dan sinkronisasi di antara pemangku kepentingan.

Ia juga menyampaikan stunting dapat dicegah dengan menghindari 4T, yakni terlalu terlalu muda usia pernikahan dan melahirkan, terlalu tua usia usia pernikahan dan melahirkan, terlalu dekat jarak waktu melahirkan dan terlalu banyak anak.

“Usia pernikahan untuk perempuan 21 tahun, dan 25 tahun untuk laki-laki. Dan untuk perempuan di atas usia 35 tahun lebih baik tidak melahirkan lagi. Adapun untuk jarak melahirkan antara 2 sampai 5 tahun. Sedangkan untuk jumlah anak yang kami sarankan dua anak cukup,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.