Berita Nasional Terpercaya

Festival Van Der Wijck Lolos Kharisma Event Nusantara Kemenparekraf

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Festival Van Der Wijck kembali dilaksanakan pada tahun 2023 dari tanggal 2-3 Juni 2023 di Selokan Van Der Wijk di Tangisan, Banyurejo, Tempel, Sleman. Tak hanya dimeriahkan dengan beragam kesenian lokal, Festival Van Der Wijck 2023 dinobatkan sebagai agenda pariwisata yang lolos dalam Kharisma Event Nusantara Kemenparekraf.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, membuka Festival Van Der Wijck secara simbolis pada hari Jumat (2/6/2023) di Buk Renteng dengan didampingi Staf Ahli Menteri Kemeparekraf, Fajar Hutomo.

Baca Juga: Lurah Aktif Caturtunggal Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Tanah Kas Desa

Wakil Bupati Danang Maharsa mengungkapkan perasaan bangga atas pencapaian prestasi Festival Van Der Wijck tersebut. Menurutnya, meski baru dilaksanakan kali kedua, Festival Van Der Wijck berhasil membuktikan Sleman memiliki potensi wisata yang tak kalah menawan dari daerah lain.

“Keberuntungan bagi kita Festival Van Der Wijck ini menjadi salah satu event yang lolos dalam Karisma Event Nusantara dan dibiayai sepenuhnya oleh Kemenparekraf. Prestasi ini patut kita banggakan, dan semoga bisa ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya,” ujar Danang.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid, melaporkan bahwa Festival Van Der Wijck pada tahun ini dilaksanakan dengan suasana yang berbeda dari tahun sebelumnya. “Salah satu yang spesial dari tahun ini adalah Festival Van Der Wijck menjadi 1 dari 110 daftar kegiatan dalam Karisma Event Nusantara. Hal ini patut kita syukuri, dan semoga semakin membuka pintu untuk mengenalkan pariwisata khususnya di Sleman Barat,” katanya.

Diketahui, Karisma Event Nusantara (KEN) merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf bersama Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder pariwisata untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata serta ekonomi kreatif. Pada tahun ini terdapat 110 agenda unggulan yang telah dikurasi dari 291 event usulan Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia.

Staf Ahli Menteri Kemeparekraf, Fajar Hutomo membenarkan Festival Van Der Wijck 2023 masuk dalam daftar Karisma Event Nusantara. Ia pun menyampaikan pemilihan Festival Van Der Wijck dalam Karisma Event Nusantara tak terlepas dari keunikan pemilihan tema “Rice For All” dan suguhan berbagai pertunjukan budaya di Kabupaten Sleman.

“Dengan menyuguhkan berbagai pertunjukan budaya, membawa festival ini masuk dalam karisma event nusantara. Tentu saja setelah melalui proses akurasi yang detail dan selektif. Semoga festival ini tidak hanya memperluas peluang pariwisata Sleman namun juga sekaligus memberikan dampak peningkatan perekonomian bagi masyarakat,” kata Fajar.

Baca Juga: Kedungpoh Park, Wisata Sunset Dan Kuliner Baru Gunungkidul

Pada tahun 2023 ini, Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki 6 agenda yang lolos dalam Karisma Event Nusantara di antaranya, Sumonar (Kota Yogyakarta), Wayang Jogja Night Carnival (Kota Yogyakarta), Jogja Violin Fest (Sleman), Festival Van Der Wijck (Sleman), Keroncong Plesiran (Sleman), dan Ngayogjazz (Sleman).

Di Festival Van Der Wijck masyarakat dapat menikmati beragam rangkaian penampilan kesenian, kirab budaya, lomba, talkshow, edu walking, workshop, dan pameran UMKM. Acara ini dapat diikuti mulai dari pukul 07.00 – 17.00 WIB. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.