Berita Nasional Terpercaya

Ini yang Disampaikan Menparekraf Sandiaga saat Mengunjungi Kampung Wisata Purbayan

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengunjungi Kampung Wisata Purbayan, Kotagede, Yogyakarta, Minggu (4/6/2023) sore.

Kunjungan Menteri Sandiaga kali ini dikarenakan Kampung Wisata Purbayan masuk dalam 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023.

Disela kunjungannya tersebut, Sandiaga menyebut Kampung Wisata Purbayan layak menjadi desa wisata berkelas dunia.

Baca juga : Kamwis Purbayan Kotagede Masuk 75 Besar Desa Wisata Terbaik 2023

“Kampung Purbayan ini sudah mendunia, tugas kita menggunakan momen ini menciptakan peluang usaha,” ujar Sandiaga.

Sandiaga menambahkan, tidak hanya sebagai bagian sejarah, Purbayan menurut Sandiaga merupakan kawasan budaya dan situs peninggalan Kerajaan Mataram Islam. “Kampung Purbayan ini destinasi berbasis sejarah,” katanya.

Dia menjelaskan, dari 4.573 desa wisata pilihan, Purbayan telah terpilih menjadi desa wisata terbaik se Indonesia, karena menurutnya di Purbayan banyak nilai budaya, sejarah, terutama Kerajaan Mataram Islam, seta UMKM seperti perak dan batik yang tidak kalah luar biasa.

Selain itu, Purbayan juga memiliki potensi lain, seperti kerajinan keris, kulit, filigree, dan juga pengrajin blangkon. “Bicara soal kreativitas, di DIY merupakan juaranya, karena sudah proses uji petik sebelumnya,” tutur Sandiaga.

Sandiaga juga berpesan agar pemasaran produk UMKM di Yogyakarta bisa menembus pasar ekspor internasional, sehingga akan semakin banyak membuka lapangan pekerjaan. “Kita harus mampu menembus pasar ekspor dengan menampilkan di Singapura atau Hongkong,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Kampung Wisata Purbayan, Nurcahyo Nugroho mengucapkan rasa terimakasih atas kunjungan Menteri Sandiaga di Kampung Wisata Purbayan. “Terimakasih mas Sandi datang di Kamwis Purbayan, sebagai kampung pusaka penjaga tradisi,” katanya

Baca Juga : Desa Wisata Sambirejo Masuk 50 Terbaik ADWI 2021

Nurcahyo menyampaikan, bahwa kunjungan Menteri Sandiaga Uno, menumbuhkan rasa antusias masyarakat yang sangat besar. “Dengan telah dikunjungi oleh Menteri Pariwisata, semoga dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Kamwis Purbayan,” ujarnya.

Senada dengan Mas Menteri Sandiaga, Ketua Kampung Wisata Purbayan setuju, keberadaannya guna meningkatkan perekonomian warga sekitar, dengan tumbuhnya UMKM disana.

“Tentunya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dengan tumbuhnya UMKM kerajinan, kuliner dan fashion,” kata Nurcahyo.

Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta ini kembali menegaskan, bahwa Purbayan akan mengunggulkan identitas sebagai Kampung Pusaka dan Penjaga Tradisi dengan beberapa paket wisata yang dapat dinikmati wisatawan.

“Kami menawarkan paket wisata untuk wisatawan yang datang dengan menjelejahi bagunan cagar budaya dan bangunan warisan budaya yang ada di Purbayan,” pungkasnya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.