Berita Nasional Terpercaya

Mentan Uji Coba Tanam Kedelai di Gunungkidul

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo melakukan gerakan tanam kedelai di Kabupaten Gunungkidul saat melakukan kunjungan kerja. Uji coba penanaman kedelai memanfaatkan lahan seluas 1000 hektare.

Dalam kegiatan penanaman kedelai, Mentan didampingi Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dan warga masyarakat Candirejo, Kapanewon Semin. “Gerakan tanam kedelai ini dalam rangka meningkatkan produksi nasional,” ucap Mentan.

Baca Juga: Gunungkidul Usulkan 10 Ruas Jalan Kabupaten Melalui Program Inpres

Ia mengatakan penanaman uji coba kedelai di Gunungkidul, ke depannya akan ditambah luas lahannya mencapai 5000 hektare. Menurutnya, Gunungkidul akan digadang sebagai lumbung kedelai di Pulau Jawa.

“Peningkatan produksi nasional ini sekaligus upaya kita untuk menekan impor kedelai yang saat ini masih diatas 90 persen,” ujar Mentan.

Dalam kesempatan ini, Mentan mengajak petani mengembangkan tanaman kedelai serta mencari varietas unggulan yang sesuai dengan kondisi alam Gunungkidul. Ia juga menyatakan Kementan akan berupaya meningkatkan harga jual kedelai sehingga masyarakat bersemangat dan masif dalam mengembangkan tanaman ini.

“Kalau harganya di atas harga jagung, pasti petani akan bersemangat mengembangkan tanaman ini,” ujar Mentan.

Mentan pun optimis karena berbagai upaya pendampingan peningkatan produksi kedelai akan terus ditingkatkan. Ia berharap nantinya Gunungkidul akan mampu mendukung pengurangan impor kedelai untuk mengejar target swasembada kedelai di tahun 2026 mendatang.

“Program itu sudah menjadi arahan dari Presiden. Gunungkidul pun diharapkan bisa menjadi percontohan untuk program ketahanan pangan kedelai nasional,” kata Mentan.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta akan mendukung penuh progam yang dicanangkan Kementerian Pertanian terlebih total luas lahan kedelai di Gunungkidul mencapai 4.397 hektar. Lahan seluas 1000 hektar berada di Kapanewon Semin.

Baca Juga: Kedungpoh Park, Wisata Sunset Dan Kuliner Baru Gunungkidul

“Kita pikirkan juga pengelolaan, ada harapan peran serta petani dari hulu hingga hilir. Tahap awal akan kita coba 1000 hektar jika hasil bagus akan kita tingkatkan,” kata Bupati.

Bupati juga memaparkan kepada Mentan tentang pertumbuhan ekonomi di Gunungkidul dengan sektor pertanian yang memiliki andil besar dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi. Sektor ini juga memiliki dampak besar bagi ketahanan pangan masyarakat bumi Handayani.

“Lahan di sini memang luas, memiliki potensi besar untuk pengembangan tanaman kedelai,” tukas Bupati. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.