Close Menu
BERNAS.id
    Berita Terbaru

    Anak 8 Tahun Ikut Jadi Korban di Pesta Pernikahan Anak Gubernur, KDM Mengeklaim Begini

    July 18, 2025

    Thomas Lembong Divonis 4,6 Tahun Kurungan, Ini Yang Memberatkannya

    July 18, 2025

    Bank Jakarta Resmi Dukung Persija di I-League Super Liga 2025–2026

    July 18, 2025

    Imigrasi Jakut Tangkap 8 WNA Nigeria Overstay dalam Operasi Wirawaspada

    July 18, 2025

    Sesama Transportasi Lokal, Jogjakita dan Transjogja Siap Berkolaborasi Digitalisasi Layanan

    July 18, 2025
    Facebook Instagram Threads X (Twitter) YouTube TikTok LinkedIn RSS
    • Google News BERNAS
    • Tentang BERNAS
    • Redaksi BERNAS
    • Pedoman Media Siber
    Facebook Instagram Threads X (Twitter) YouTube TikTok LinkedIn RSS
    BERNAS.id
    • Home
    • Regional
      • Internasional
      • Nasional
      • Daerah
        • DK Jakarta
        • DI Yogyakarta
        • Jawa Tengah
        • Jawa Timur
    • Finance

      Pendanaan Koperasi Merah Putih Dicairkan, Ini Penjelasannya

      July 15, 2025

      Zulhas Paparkan Alasan Peresmian Kopdes Merah Putih Diundur

      July 15, 2025

      Kemenkeu Minta Tambahan Anggaran Tahun 2026 Sebesar Rp 4.88 Triliun

      July 14, 2025

      Jakarta Fair 2025 Raup Rp7,3 Triliun, Wagub Rano: Bukti Ekonomi Jakarta Stabil

      July 14, 2025

      Juni 2025, DIY Alami Inflasi yang Terkendali

      July 2, 2025
    • Teknologi
    • Pendidikan
    • Karir
    • Lifestyle
    • Politik
    • Hukum
    • Other
      • Travel
      • Entertainment
      • Opini
      • Tokoh
      • Budaya
      • Religi
      • Lingkungan
      • Kesehatan
      • Olahraga
      • Desa
      • Beragam
        • Bernas TV
        • Citizen Journalism
        • Editorial
        • Highlight
        • Inspirasi
        • Press Release
        • GlobeNewswire
    • Channel Jakarta
    BERNAS.id
    Home»Finance»Tokopedia Dorong Perkembangan UMKM Lokal Indonesia Lewat Berbagai Kampanye dan Pendampingan Bisnis di Inisiatif Hyperlocal
    Finance

    Tokopedia Dorong Perkembangan UMKM Lokal Indonesia Lewat Berbagai Kampanye dan Pendampingan Bisnis di Inisiatif Hyperlocal

    Christina DewiBy Christina DewiJune 14, 2023Updated:September 22, 2024No Comments
    Telegram WhatsApp Facebook Twitter LinkedIn Email
    Aplikasi Tokopedia - (ist)
    Share
    Telegram WhatsApp Facebook Twitter LinkedIn Email

    JAKARTA, BERNAS.ID – Sebagai perusahaan teknologi Indonesia sekaligus bagian dari Grup GoTo, Tokopedia terus berupaya menciptakan super ecosystem untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan dan mendukung perkembangan UMKM lokal, salah satunya melalui inisiatif Hyperlocal.

    Inisiatif Hyperlocal Tokopedia menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli dimana pun berada dan agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang.

    Berbagai manifestasi inisiatif hyperlocal Tokopedia, seperti kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB), Kumpulan Toko Pilihan (KTP), dan Toko Cepat dan Irit (Tokcer), turut mengalami pertumbuhan.

    Tokopedia melalui Nafisah Wulandari, selaku Head of RGX Central Tokopedia mengatakan, menurut data internal Tokopedia, kategori Makanan & Minuman, Kesehatan, Elektronik, Rumah Tangga, dan Perawatan Tubuh menjadi beberapa kategori yang paling banyak dibeli melalui kampanye KTP dan WIB pada Januari-Mei 2023.

    Baca Juga : Kelas Maju Digital Tokopedia: Bongkar Rahasia Jadikan Produk Laris Manis

    Data internal Tokopedia juga mengungkapkan bahwa kampanye WIB yang turut mendorong pertumbuhan dari berbagai sisi, seperti:

    – Wilayah dengan transaksi tertinggi kampanye WIB selama kuartal 1 2023:
    Kota Medan, Kota Palembang, Kota Bandung, Kota Surabaya, Kota Malang, dan Kota Makassar.

    – Kecamatan dengan kenaikan jumlah penjual yang mengikuti kampanye WIB selama Januari-Mei 2023 dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan rata-rata peningkatan jumlah penjual sebesar hampir 1,5x lipat:
    Kec. Gunungsitoli dan Kec. Medan Belawan di Sumatra Utara, Kec. Sukra dan Kec. Widasari di Indramayu (Jawa Barat), Kec. Andong di Boyolali (Jawa Tengah), dan Kec. Simpang Empat di Banjar (Kalimantan Selatan).

    Sementara itu, pertumbuhan transaksi turut terjadi pula pada kampanye KTP, seperti:

    – Kecamatan dengan jumlah penjual tertinggi yang mengikuti kampanye KTP selama Januari-Mei 2023 dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan rata-rata sebesar lebih dari 2,5x lipat:
    Kec. Baleendah (Kab. Bandung, Jawa Barat), Kec. Tahunan (Kab. Jepara, Jawa Tengah), Kec. Kuta Selatan (Kab. Badung, Bali), Kec. Sidoarjo (Kab. Sidoarjo, Jawa Timur), dan Kec. Kebomas (Kab. Gresik, Jawa Timur).

    – Kabupaten/Kota dengan kenaikan transaksi kampanye KTP tertinggi pada kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama tahun lalu dengan rata-rata peningkatan sebesar hampir 2x lipat:
    Kab. Jepara, Kab, Badung, Kab. Bandung Barat, Kab. Maros. Kab. Deli Serdang, dan Kab, Sidoarjo.

    “Healthywagyu (Bandung) dan Kebun Green Feast (Medan) menjadi pelaku usaha yang rutin memanfaatkan kampanye manifestasi hyperlocal Tokopedia. Selain memanfaatkan kampanye WIB dan KTP, keduanya rutin menggunakan fitur TopAds untuk jangkau pasar lebih luas,” ungkap Nafisah.

    Baca Juga : Tokopedia Bagikan 5 Rekomendasi Item Fesyen Untuk WFO

    Selain itu, selama kuartal I 2023, Kota Medan, Kota Bandung, Kab, Bandung, Kota Semarang, Kota Surabaya, dan Kota Makassar menjadi beberapa kota/kabupaten dengan transaksi kampanye Toko Cepat dan Irit (Tokcer) tertinggi.

    Tokopedia Dukung Perkembangan UMKM melalui Keluarga Tokopedia

    Demi mencapai pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia, Tokopedia juga konsisten untuk memberikan pendampingan usaha kepada UMKM lokal, salah satunya melalui Komunitas penjual Keluarga Tokopedia (K-Top).

    Nafisah mengatakan, Tokopedia menghadirkan K-Top sebagai salah satu wadah para pelaku usaha untuk saling berbagi informasi dan wawasan dalam meningkatkan pengetahuan mengembangkan bisnis online.

    “K-Top telah diikuti oleh lebih dari 50 ribu pelaku usaha, yang tersebar di lebih dari 50 kota se-Indonesia. Selain itu, Tokopedia juga menghadirkan pendampingan bisnis lainnya bagi para pelaku usaha seperti Halaman Pusat Edukasi Seller, Kelas Maju Digital, Sekolah Kilat Seller,” terangnya.

    Ia menambahkan, sebagai wujud konsistensi dalam mendukung tumbuh-kembang UMKM lokal, Tokopedia juga telah mengadakan Sekolah Kilat Seller tatap muka pertama di Bandung pada 26 Mei 2023 yang diikuti oleh pelaku usaha Tokopedia asal Bandung.

    “Di sini, para peserta mendapatkan edukasi serta tips agar berhasil dalam memanfaatkan kampanye serta fitur-fitur Tokopedia, seperti TopAds, Broadcast Chat, dan lainnya,” terang Nafisah.

    “Tokopedia berharap seluruh pihak lebih gencar berkolaborasi membantu UMKM lokal agar lebih mudah beradaptasi dengan perkembangan era digital dan bersama-sama berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional,” pungkas Nafisah. (*/cdr)

     

    Hyperlocal Tokopedia Tokopedia UMKM Usaha Mikro Kecil Menengah
    Share. Telegram WhatsApp Facebook Twitter LinkedIn Tumblr Email
    Christina Dewi

      Related Posts

      Pendanaan Koperasi Merah Putih Dicairkan, Ini Penjelasannya

      July 15, 2025

      Zulhas Paparkan Alasan Peresmian Kopdes Merah Putih Diundur

      July 15, 2025

      Kemenkeu Minta Tambahan Anggaran Tahun 2026 Sebesar Rp 4.88 Triliun

      July 14, 2025

      Jakarta Fair 2025 Raup Rp7,3 Triliun, Wagub Rano: Bukti Ekonomi Jakarta Stabil

      July 14, 2025

      Juni 2025, DIY Alami Inflasi yang Terkendali

      July 2, 2025

      PNM Kembali Catat Sejarah, Terbitkan Orange Bonds Pertama di Indonesia untuk Pemberdayaan Perempuan

      July 1, 2025
      Leave A Reply Cancel Reply

      Berita Internasional Terbaru

      EMGA mengumpulkan dana US|$160 juta dari AIIB untuk BTG Pactual Brasil

      July 16, 2025

      NetSfere dan Mayapada Healthcare Menghadirkan Komunikasi Aman Kelas Dunia di Jaringan Mayapada Healthcare

      July 11, 2025
      Berita Nasional Terbaru

      Kemenko Polkam Dorong Penguatan Keamanan Siber dan Perlindungan Data Nasional

      July 17, 2025

      Mentan Tinjau Pabrik Gula di Kediri, Dorong Swasembada Gula Nasional

      July 16, 2025
      Berita Daerah Terbaru

      Anak 8 Tahun Ikut Jadi Korban di Pesta Pernikahan Anak Gubernur, KDM Mengeklaim Begini

      July 18, 2025

      Bank Jakarta Resmi Dukung Persija di I-League Super Liga 2025–2026

      July 18, 2025
      BERNAS.id

      Office Address :
      Jakarta
      Menara Cakrawala 12th Floor Unit 05A
      Jl. MH Tamrin Kav. 9 Menteng, Jakarta Pusat, 10340

      Yogyakarta
      Kawasan Kampus Universitas Mahakarya Asia,
      Jl. Magelang KM 8, Sendangadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55281

      Email :
      info@bernas.id
      redaksi@bernas.id

      Advertisement & Placement :
      +62 812-1523-4545

      Link
      • Google News BERNAS.id
      • Tentang BERNAS
      • Redaksi BERNAS
      • Pedoman Media Siber
      • Kode Etik
      • Verifikasi Dewan Pers BERNAS.id
      BERNAS.id
      Facebook Instagram Threads X (Twitter) YouTube TikTok LinkedIn RSS
      • Google News BERNAS
      • Tentang BERNAS
      • Redaksi BERNAS
      • Pedoman Media Siber
      © 2015 - 2025 BERNAS.id All Rights Reserved.

      Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.