Berita Nasional Terpercaya

Pemkab Gunungkidul Perbaiki Dua Ruas Jalan Akses ke Nglanggeran

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memulai perbaikan dua ruas jalan, yaitu ruas jalan Sambipitu- Tawang (0404) dan ruas Jalan Kalipentung- Nglanggeran (0407) di Kapanewon Patuk. Seluruh sumber dana pelaksanaan paket pekerjaan perbaikan jalan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2023.

Baca Juga: Lurah Aktif Caturtunggal Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Tanah Kas Desa

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, Sekretaris Daerah Gunungkidul, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Kabupaten Gunungkidul, serta kontraktor pelaksana melaksanakan peletakan batu pertama sebelum dimulainya perbaikan ruas jalan tersebut, Kamis (15/6/2023).

“Dua ruas jalan ini nantinya akan menelan anggaran sebesar Rp 5,2 Miliar,” kata Irawan Jatmiko, Kepala Dinas PUPRKP Gunungkidul di Balai Padukuhan Nglanggeran Wetan.

Ia memaparkan, panjang ruas Jalan Sambipitu-Tawang yang akan diperbaiki, yaitu 5,4 kilometer dengan anggaran Rp2.627.785.000. Sementara panjang ruas Jalan Kalipentung-Nglanggeran yang akan diperbaiki, yaitu 4 kilometer dengan anggaran Rp2.621.215.000.

“Lingkup pengerjaan meliputi pengaspalan, pengerjaan pasangan batu, pekerjaan bahu jalan, dan marka jalan,” ucap Irawan.

Irawan mengatakan dua ruas jalan tersebut akan dikerjakan selama 120 hari kalender. “Semua pengerjaan dikerjakan oleh kontraktor pelaksana,” katanya.

Baca Juga: Kedungpoh Park, Wisata Sunset Dan Kuliner Baru Gunungkidul

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, dua ruas jalan tersebut merupakan proyek vital. Dua jalan itu menjadi akses wisatawan menuju destinasi wisata Gunung Api Purba Nglanggeran.

“Tentunya akan mempermudah akses masyarakat sekitar dan berdampak pada perkembangan wisatawan, harapan kita demikian,” terang bupati.

Orang nomor satu di Gunungkidul ini meminta perangkat kapanewon untuk terus mengedepankan pemberdayaan masyarakat. Utamanya memanfaatkan Nglanggeran dengan segala potensi dan perkembangan yang ada.

“Nglanggeran ini tengah menjadi magnet yang akan banyak menarik investor. Sehingga kami berharap kepada masyarakat untuk tetap menjadi tuan rumah yang baik,” katanya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.