Berita Nasional Terpercaya

Polda DIY Pastikan Event Kesenian Aman dan Lancar

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) menggelar Jumat Curhat bersama para pelaku kesenian Kota Gudeg di Warung Bu Ageng Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Jumat (23/6/2023). Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan berbincang-bincang langsung dengan 50 pelaku seni dari berbagai bidang seperti teaterawan, komedian, perupa, penulis, penari, pemusik, dan penyair.

Baca Juga: 75 Tahun Kerja Sama Belgia-Indonesia, Diplomatik Menjadi Friendship

Teaterawan Butet Kartaredjasa mengatakan, bincang-bincang Jumat Curhat menjadi sebuah kehormatan yang istimewa bagi kawan-kawan seniman.

“Kami merasa dikaruhkan, dihargai profesinya dimana setiap seniman pasti ada permasalahan-permasalahannya tersendiri, melalui acara ini kami bisa menyampaikannya secara langsung kepada Kapolda DIY,” ucap Butet.

Mengawali forum bincang-bincang, para seniman menanyakan terkait perijinan event kesenian yang diberikan pihak kepolisian. Kapolda DIY mengatakan setiap kegiatan masyarakat sudah semestinya atas ijin dari pihak Kepolisian.

“Contohnya pada saat saya mengadakan Wiwitan Pasa 2023, saya juga mengajukan ijin ke Polda DIY sehingga semua acara dapat terlaksana dengan aman, lancar dan terkendali,” kata Irjen Suwondo.

Baca Juga: Polda DIY Beri Pengamanan Objek-Objek Wisata

Kapolda menyebut perijinan sendiri konteksnya adalah keamanan dan ketertiban karena dilakukan komunikasi dengan pihak yang terlibat.

“Perijinan yang paling diutamakan adalah dalam hal keamanan, kecepatan penanganan medis, dan kelancaran acara. Bahkan, ke depan akan dibentuk sebuah direktorat sport and event yang merupakan bentuk keseriusan Polri dalam mengikuti dinamisnya perkembangan keamanan di Indonesia,” pungkas Kapolda. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.