Berita Nasional Terpercaya

Giat Rutin, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kunjungi TKBM Samudera Nusantara

0

BANJARMASIN, BERNAS.ID – Tim kesehatan dari kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin kunjungi kantor TKBM Samudera Nusantara yang berlokasi di Jalan Cempaka Raya, Kecamatan Banjarmasin Barat, pada Senin (26/6/2023).

Sebanyak 67 orang anggota serta pengurus yang mengikuti screening HIV dan TB dari target pemeriksaan kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin yaitu sebanyak 60 orang. Hal ini merupakan respon positif dari para pekerja, anggota, serta pengurus dari TKBM Samudera Nusantara terhadap kegiatan ini.

Ketua TKBM saat mengikuti Screening kesehatan. ( dok. Bernas.id )

“Untuk hasilnya, karena hasil pemeriksaan ini bersifat rahasia, jadi jika ditemukan hasil reaktif dari seseorang, maka kita akan menginformasikannya langsung kepada yang bersangkutan,” ujar Dr. Shinta.

Kegiatan yang rutin diadakan setiap 1 tahun sekali ini berformasikan 2 orang dokter, 3 orang dari puskesmas bagian laboratorium, 2 orang perawat, dan 2 orang surveillance.

Lebih lanjut, Dr. Shinta menyampaikan, kegiatan ini tidak hanya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, namun juga mengedukasi tentang penyakit HIV dan TB.

Sementara itu, Ketua TKBM Samudera Nusantara, H. Muhammad Noor mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan penting, mengingat ruang lingkup para pekerja TKBM yang banyak berinteraksi dengan orang asing.

“Alhamdulillah para anggota antusias untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan ini, karena mereka ini kan pekerjaannya berhubungan langsung dengan orang asing di laut Taboneo, jadi kegiatan ini sangat penting. Semoga untuk tahun depan kuota pemeriksaan bisa ditambah,” terang Muhammad Noor.

Ketua TKBM Samudera Nusantara juga menyampaikan bahwa pihak mereka sangat concern mengenai kesejahteraan para pekerjanya, tidak hanya memperjuangkan tentang hak para buruh yang masih belum ada keputusan dari Instansi terkait sejak 8 tahun silam hingga sekarang, pihak TKBM juga memprioritaskan masalah kesehatan para anggotanya untuk terus diperhatikan. (ros)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.