Berita Nasional Terpercaya

Festival Pramuka Jogja 2023 Siap Digelar 15-16 Juli

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemda DIY siap menggelar Festival Pramuka Jogja (FPJ) tahun 2023, yang bisa dikunjungi oleh seluruh masyarakat. FPJ 2023 akan diselenggarakan pada tanggal 15 sampai dengan 16 Juli 2023 di Bumi Perkemahan Taman Tunas Wiguna Babarsari, Sleman.

Edy Heri Suasana selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) menyampaikan, FPJ 2023 mengusung tema Green and Circular Economy yang merupakan pengejawantahan perwujudan peran Gerakan Pramuka sebagai aktor perubahan baik dalam pembangunan sumber daya manusia maupun pembangunan ekonomi dalam kegiatan kemasyarakatan.

“FPJ ini merupakan event tahunan, sekarang tahun kedua. Ini merupakan upaya untuk berkontribusi dalam melaksanakan Indonesia 4.0 dan mewujudkan Masyarakat atau Society 5.0 yang memanfaatkan teknologi informasi melalui wadah pramuka,” ujarnya, Selasa (11/7/2023).

Baca juga: Pramuka Diminta Mampu Berkontribusi Di Bidang Pertanian

Kegiatan yang merupakan ajang kreativitas dan kolaborasi ini menurutnya akan diisi dengan beberapa agenda seperti pameran UMKM binaan Dinas Koperasi & UKM DIY, workshop, talkshow, aneka perlombaan, pentas budaya, konferensi pramuka, serta Pemeriksaan Kesehatan Umum dan Kesehatan Gigi.

“Diharapkan pramuka-pramuka ini nanti bisa menjadi agen perubahan,” kata dia.

Baca juga: Memperingati Hari Pramuka 2022, Peserta Kampung Pengembangan Global Berkelanjutan Akan Dapat Lencana

Ia menjelaskan, meski hanya digelar selama dua hari, acara ini merupakan bagian dari agenda panjang. Misalnya adalah adanya lomba yang terkait dengan pembentukan karakter seni budaya, yang butuh proses panjang.

“Ada lomba pamembrono dan pentas kebudayaan daerah,” ujar dia. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.