Berita Nasional Terpercaya

Pengembangan SWeB, Cegah Penyakit Tidak Menular Berbasis Sekolah di Kabupaten Klaten

0

KLATEN, BERNAS.ID – School Wellness Program (SWeB) merupakan upaya promosi kesehatan masyarat berbasis sekolah untuk merubah perilaku, termasuk perilaku yang berkaitan dengan pencegahan penyakit tidak menular (PTM). Guru merupakan agen perubahan perilaku sehat bagi anak-anak di sekolah, orang tua, murid dan masyarakat, sehingga pendidikan pelatihan kesehatan penting bagi guru.

SWeB dilaksanakan atas hasil Kerjasama antara Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, SEAMEO RECFON, Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten dan Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten.

Baca Juga : DRPTM Kemendikbudristek dan UMY Dorong Akademisi Giat Publikasi Ilmiah

Hal-hal yang telah dilakukan untuk mendukung kegiatan inj adalah antara lain, mengadakan pelatihan bagi guru SD secara luring tentang pengetahuan program dan prosedur pemantauan PTM.

Dr. Tri Siswati, SKM, M. Kes dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sebagai Ketua TIM kegiatan tersebut mengatakan, bahwa pelatihan ini bertujuan untuk mendukung pencegahan penyakit tidak menular, sebagai wujud implementasi transformasi kesehatan pilar pertama layanan primer.

“Pelatihan ini akan ditindaklanjuti dengan membuka layanan deteksi dini PTM bagi seluruh bapak/ibu guru dan karyawan SD yang dilatih,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 7 Juli 2023 lalu telah berhasil dilaksanakan dengan partisipasi penuh antusias oleh 36 guru dari 12 sekolah dasar di Kabupaten Klaten.

Baca Juga : Seminar Nasional : Optimalisasi Germas dalam Pengendalian Hipertensi

“Kedua belas sekolah ini telah mengikuti program Nutrition Goes to School (NGTs) pada tahun sebelumnya,” imbuh Tri Siswati.

Kegiatan ini bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, acara pelatihan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten dengan menghadirkan pemateri dari Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten serta dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. (cdr)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.