Berita Nasional Terpercaya

Wakil Bupati Sleman Bekali Paskibra dengan Pancasila

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa memberikan materi Pancasila pada pelatihan Purna Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Duta Pancasila di hotel kawasan Jalan Palagan Tentara, Sabtu (22/7/2023).

Kegiatan dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Sleman sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2022 tentang program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dan dalam rangka upaya memegang teguh Pancasila.

Baca Juga: Kepala Dispertaru DIY Jadi Tersangka Kasus Tanah Kas Desa

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Sleman, Hery sutopo menyampaikan, kegiatan pelatihan tersebut dikuti/36 peserta Purna Paskibraka tahun 2022 dan Pendamping Duta Pancasila Kabupaten Sleman. Ia mengatakan para peserta pelatihan mendapat berbagai materi berkaitan dengan Pancasila.

“Mereka akan mendapatkan materi terkait Pacasila mulai dari sejarah lahirnya pancasila hingga implementasi Pancasila dalam kehidupan Bermasyarakat Berbangsa dan Bernegara,” kata Hery.

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa berharap kegiatan pembekalan materi Pancasila dapat semakin memberikan wawasan kebangsaan kepada para peserta untuk memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Nantinya, para peserta dapat mengimplementasikan Pancasila di dalam kehidupan bermasyarakat, serta memberikan pemahaman bagi orang lain.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kesbangpol Sleman yang telah mengadakan acara pelatihan ini. Semoga dengan pelatihan ini nantinya para peserta dapat meningkat wawasan kebangsaannya terlebih bagaimana menerapkan Pancasila sebagai falsafah kehidupan berbangsa dan bernegara. Tentu setelah ini para peserta harus bisa menjadi motivator, inspirator, dan menjadi teladan bagi para generasi muda lainnya,” ucap Danang.

Baca Juga: Lurah Aktif Caturtunggal Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Tanah Kas Desa

Lebih lanjut Danang menyampaikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila merupakan landasan bagi Bangsa Indonesia untuk tetap bersatu dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ia mengajak seluruh peserta untuk menjaga keberagaman di Kabupaten Sleman dalam bingkai persatuan dan menjaganya dari berbagai ancaman kelompok maupun golongan yang ingin merongrong dan merubah Pancasila sebagai ideologi Bangsa.

“Mari kita rawat keberagaman ini dalam bingkai persatuan, terlebih di Sleman yang merupakan miniatur Indonesia, kita jaga dan kita pertahankan Pancasila, serta kita lawan siapapun itu, baik orang, kelompok, maupun golongan yang ingin mengubah landasan atau ideologi bangsa kita, yaitu Pancasila. Kita lawan segala bentuk ancaman dan gerakannya,” tukas Danang. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.