Berita Nasional Terpercaya

Sleman Raih Kedua Kali KLA Kategori Utama

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Kabupaten Sleman kembali meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Utama. Sebelumnya, Kabupaten Sleman berhasil meraih penghargaan KLA kategori Utama di tahun 2022 lalu.

Penghargaan KLA kategori Utama diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati, kepada Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo pada acara penganugerahan apresiasi KLA tahun 2023 di Hotel Padma, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (22/7/2023).

Baca Juga Satpol PP DIY Segel 3 Bangunan Usaha Di Sleman Karena Tak Kantongi Izin

Penghargaan KLA Kategori Utama diberikan kepada kabupaten/kota dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengapresiasi semua pihak yang telah berkontribusi dalam rangka mendukung program-program KLA di Kabupaten Sleman. Ia berharap penghargaan ini menjadi motivasi seluruh stakeholder untuk terus meningkatkan kinerjanya, sehingga Kabupaten Sleman bisa menjadi Kabupaten Layak Anak.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan prestasi ini, sehingga Kabupaten Sleman bisa jadi Kabupaten Layak Anak untuk melindungi hak-hak anak di Kabupaten Sleman,” ucap Kustini.

Sementara Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengucapkan selamat kepada pemerintah daerah yang berhasil meraih penghargaan KLA dengan berbagai kategori. Menurutnya evaluasi KLA ini dilakukan dengan melibatkan Kementerian Lembaga terkait, Pakar Anak, Perguruan tinggi dan mendengarkan suara anak atau aspirasi anak terhadap pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak di wilayahnya.

“Para peraih penghargaan patut berbangga, sebab hasil evaluasi tidak hanya dinilai oleh pemerintah pusat dan provinsi saja, tapi juga melibatkan tim independen yang kredibel, diantaranya terdiri dari para pakar di bidang anak dan perwakilan dari perguruan tinggi,” ucap Gusti Ayu.

Ia menjelaskan penganugerahan KLA berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan melalui mekanisme evaluasi mandiri dan verifikasi administrasi sampai ke tahap pembuktian melalui verifikasi lapangan hybrid dan verifikasi lapangan langsung.

Baca Juga Kepala Dispertaru DIY Jadi Tersangka Kasus Tanah Kas Desa

Ia menyebutkan ada kenaikan jumlah peraih kategori Utama di tahun 2023, yaitu sebanyak 19 kabupaten/kota. Jumlah ini naik signifikan dibandingkan tahun lalu yang hanya 8 kabupaten/kota. Namun, menurutnya hingga saat ini belum ada kabupaten/kota yang berhasil meraih predikat Kabupaten Layak Anak.

“Oleh sebab itu, kabupaten/kota yang telah meraih kategori Utama bisa ‘memecah telur’ untuk mendapatkan kategori kabupaten/Kota Layak Anak,” ujar Gusti Ayu.

Ia menyebut penganugerahan KLA terdiri dari empat kategori, yakni kategori Pratama, Madya, Nindya dan Utama. Sedangkan, untuk predikat tertinggi, yaitu predikat Kota Layak Anak. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.