Berita Nasional Terpercaya

TPST Piyungan Ditutup Sampai 5 September, Begini Kata Pj Wali Kota Jogja

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan di Bantul, DIY, ditutup sejak 22 Juli hingga 5 September 2023 mendatang. Meski pemda menyiapkan tempat penampungan sampah sementara, namun warga juga diminta untuk mengurangi sampahnya.

Hal itu ditegaskan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo. Ia meminta masyarakat untuk mengurangi sampah dan memilah sampah dari rumah.

“Kami akan menggalakkan pengurangan pemakaian sampah plastik, kalau perlu akan dibuat perwal-nya. Nanti akan kita bahas bersama,” kata dia Selasa (25/7/2023).

Ia mengaku, pihaknya kini menyiapkan tiga lokasi baru untuk penampungan sampah sementara berkapasitas total 200 ton. Namun ia enggan menyebutkan di mana lokasinya.

“Beberapa depo [sampah] kita tutup, tapi sudah kita buka lagi mulai pagi tadi, [sampah] sudah kita angkat lagi,” katanya.

Baca juga: Dewan Minta TPST Piyungan Tak Ditutup Sebelum Ada Solusi

Singgih pun meminta masyarakat tidak panik dan tetap tenang karena pihaknya akan berupaya agar tidak ada sampah yang mengganggu kenyamanan warga.

Baca juga: TPA Piyungan Ditutup Hari Ini Sampai Minggu

Ia juga mengaku, Pemkot Jogja akan memperluas lokasi TPST 3R Nitikan menjadi dua kali lipat. Dengan demikian tempat itu bisa menangani 20 ton sampah per hari.

“Bisa mengurangi total 210 ton sampah yang masuk ke Piyungan,” kata dia. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.