Berita Nasional Terpercaya

Bupati Sleman Berharap Teater Semakin Diminati

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, membuka Festival Teater Tingkat Kabupaten Sleman di Gedung Kesenian Kabupaten Sleman, Selasa sore (25/7/2023) sore. Festival yang digagas oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) akan digelar selama dua hari dari tanggal 25-26 Juli 2023.

Baca Juga: Kejati Geledah Dua Ruangan Dispertaru DIY Terkait Tanah Kas Desa

Kustini mengaku senang sekaligus bangga dengan diadakannya festival teater tersebut. Menurutnya kegiatan teater dapat menjadi sarana untuk melestarikan kebudayaan lokal serta nilai-nilai luhur di tengah derasnya tantangan budaya global.

Ia berharap dengan adanya festival, kesenian teater di Kabupaten Sleman bisa lebih berkembang, dan semakin diminati oleh masyarakat luas. “Dengan festival ini diharapkan masyarakat merasa handarbeni karena partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk melestarikan budaya yang kita miliki,” tuturnya.

Baca Juga: Kos Eksklusif Di Condongcatur Ditutup Satpol PP DIY

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Edy Winarya, festival teater diikuti 17 kapanewon se-Kabupaten Sleman. Adapun pemenang dari festival ini nantinya akan mewakili Kabupaten Sleman untuk melaju ke festival teater di tingkat DIY.

Ia menyebut festival ini menghadirkan tiga juri dari pelaku ataupun akademisi di bidang seni teater, di antaranya Landung Simatupang, Nanang Arisona, dan Retno Dwi Intarti.

Ada delapan kapanewon yang tampil di hari pertama, di antaranya Ngemplak, Seyegan, minggir, Tempel, Turi, Berbah, cangkringan, Godean, dan Moyudan. Sedangkan di hari kedua yakni Kapanewon Mlati, Gamping, Prambanan, Sleman, Depok, Ngaglik, Kalasan, dan Pakem. Festival ini juga disiarkan secara langsung di kanal YouTube Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.