Berita Nasional Terpercaya

Warga RT 05 Miliran Menggelar Karnaval Budaya Sambut HUT RI ke 78

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Banyak cara merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, seperti yang dilakukan oleh warga Miliran RT 05 RW 02, Muja Muju, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Pada hari Minggu (13/8/2023) pagi, ratusan warga Miliran bersiap menggelar Karnaval Budaya menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-78. Mulai dari anak-anak hingga orang tua semua mengenakan pakaian adat Jawa.

Sambil berjalan kaki mengelilingi Kampung Miliran, warga dan sesepuh kampung juga membawa gunungan yang berisikan hasil bumi yang dimiliki warga dan dibagikan kepada warga kembali.

Baca Juga : Inilah Rangkaian Acara Peringatan HUT ke-78 di DIY

Ketua RT 05 RW 02, Miliran, Muja Muju, Umbulharjo, Yohanes Sigit Purnomo mengatakan, karnaval budaya ini merupakan acara tahunan menyambut Hari Kemerdekaan RI.

“Ini acara karnaval budaya tahunan menyambut HUT RI ke 78, diikuti oleh seluruh warga RT 05 RW 02 Miliran dan sesepuh kampung,” ujar Sigit

Ditambahkan Sigit, melalui karnaval budaya ini dapat memberikan pengetahuan tentang budaya Jawa, khususnya dengan berbusana Jawa dan tradisi gunungan.

Baca Juga : Peringati HUT Ke-78 RI, KAI Hadirkan Tiket Promo 78 Persen hingga Tarif Hanya 78 Ribu

“Gunungan itu sendiri hasil dari warga dan diberikan lagi ke warga,” terangnya.

Sigit berharap melalui acara ini dapat menumbuhkan rasa cinta budaya Jawa, khususnya dalam berpakaian adat Jawa, serta menanamkan semangat gotong royong.

“Bisa bangga berpakaian Jawa dan menumbuhkan gotong royong, saling berbagi dalam kehidupan sehari-hari di wilayah Kampung Miliran,” pungkasnya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.