Berita Nasional Terpercaya

Bupati Gunungkidul Lakukan Panen Raya Palawija

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Sektor Pertanian menjadi salah satu sektor unggulan di Kabupaten Gunungkidul. Tentunya menghasilkan hasil bumi yang beragam baik buah, sayur, maupun Palawija, salah satunya di daerah Pengkok dengan hasil palawija kedelai.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta bersama dengan Gapoktan Sedyo Mulyo Pengkok melakukan panen raya kedelai, dengan luas lahan mencapai 42 Ha menghasilkan produktifitas 1,9 ton/Ha.

“Ada bagian wilayah tertentu yang bisa ditanam palawija di musim kedua, tentunya dalam rangka mendukung ketahanan pangan di Gunungkidul,” ujar Bupati, Selasa 22 Agustus 2023.

Baca Juga : Tradisi Wiwitan Mengawali Panen Padi Beras Merah di Sleman

Dilanjutkan dengan panen kacang tanah bersama dengan kelompok tani Tani Lestari Jelok yang mana luas lahan panen mencapai 15 Ha menghasilkan kacang tanah 1.6 ton/Ha.

“Padukuhan Jelok ini merupakan salah satu padukuhan dengan penghasil produksi tanaman pangan terbanyak di Kalurahan Beji, terutama untuk komoditas tanaman padi dan palawija,” terang Ketua Kelompok Tani, Sukriyanto.

Kegiatan panen ditutup dengan Bupati panen Kelapa Genjah bersama dengan Bumdes Migunani Beji, yang ditanam di lahan seluas 2000m² berjumlah 100 batang pohon.

Dengan pemandangan yang menarik Bupati berharap lahan Kelapa Genjah dapat dikembangkan menjadi wisata Agro.

Baca Juga : Petani Gunungkidul Panen Tembakau 4 Varietas

“Harapannya dapat memberikan dampak yang baik pada suatu daerah, dan terkait perkembangan wisata agro dapat dikelola dan dipertimbangkan dengan baik,” kata Bupati.

Tidak hanya sendiri, Bupati juga didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Rismiyadi, Kepala Satpol PP Kabupaten Gunungkidul Edy Basuki, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gunungkidul Setiyo Hartato, Panewu, Lurah dan masyarakat. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.