Berita Nasional Terpercaya

International Kitesurfing Exhibition 2023 Bakal Digelar di Laguna Pantai Depok 26-27 Agustus 2023

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Kitesurfing merupakan wisata minat khusus (olahraga ekstrim) pada jenis sport tourism, memang belum banyak dikenal masyarakat umum dan tidak setenar olahraga surfing atau paralayang yang lebih sering didengar dan disaksikan oleh masyarakat.

Kitesurfing sendiri termasuk olahraga ektrim yang merupakan olahraga air menggunakan papan selancar yang dilengkapi sejenis layang-layang dari parasut.

Atraksi menantang para Kitesurfer dalam dan luar negeri ini akan dapat disaksikan kembali oleh wisatawan dan masyarakat luas di kawasan Laguna Pantai Depok, Parangtritis, Yogyakarta selama dua hari, 26 – 27 Agustus 2023 dalam gelaran acara International Kitesurfing Exhibition 2023 #2 yang merupakan rangkaian acara event Jogja Carnival dan grand opening Aplikasi Jogja Carnival dalam hal Atraksi Wisata.

Baca Juga : Kolaborasi WIR Group dan 99VR, Olahraga Lari Virtual yang Immersif di Metaverse

Arif Effendi selaku Ketua Jogja Kitesurfing Indonesia dan Ketua Jogja Aerosport Club (JAC) mengungkapkan, bahwa International Kitesurfing Exhibition 2023 #2 merupakan ajang yang kedua setelah pada tanggal 22 hingga 3 November 2022 lalu ajang pertama kali digelar dengan dukungan penuh dari Dinas Pariwisata DIY.

Arif Effendi yang juga Wakil Ketua Umum Kadin DIY Bidang Pariwisata menjelaskan bahwa ajang Kitesurfing ini selain untuk mengenalkan kepada masyarakat luas juga dimaksudkan untuk memeriahkan Jogja Carnival tahun 2023 dan kegiatan ini direncanakan bisa menjadi agenda tahunan pariwisata di DIY.

“Tujuan digelarnya salah satu olahraga air ektrim tersebut di Yogyakarta diantaranya adalah mulai mengenalkan olahraga air minat khusus extrim yang disukai orang asing pertama di pulau Jawa,” kata Arif, Kamis (24/8/2023) kepada awak media.

Selanjutnya, mengenalkan potensi Laguna Pantai Depok dan pantai selatan Yogyakarta yang sangat baik untuk kitesurfing.

“Menjadi daya tarik pariwisata baik wisatawan asing dan wisatawawan nusantara. Dan juga menambah lama waktu tinggal (long stay) wisatawan asing dan wisatawan nusantara,” jelas Arif.

Yang terpenting, sambung Arif acara ini bertujuan juga membangkitkan ekonomi pariwisata di DIY.

Baca Juga : Dhaksinarga Night Carnival Meriahkan Hari Jadi ke-192 Kabupaten Gunungkidul

“Juga menjadikan Kitesurfing sebagai olahraga prestasi di Indonesia kedepannya,” kata Arif.

“Laguna Pantai Depok dan pantai selatan dapat menjadi tempat belajar dan bermain kitesurfing yang menyenangkan,” imbuhnya.

Yang terakhir menurut Arif, acara ini akan memunculkan dampak multiplier efek yang sangat positif.

“Jogja Aerosport Club dan Jogja Kitesurfing Club Indonesia bersama dengan tim yang terdiri dari pakar, pelatih dan para profesional pecinta olahraga ekstrim itu sebelumnya sudah melakukan survey menyeluruh terkait medan, kecepatan angin dan juga standar keselamatan dan hasilnya adalah Laguna pantai Depok sangat bisa dan cocok untuk olahraga kitesufing dan paramotor,” ucapnya.

Penyelenggaraan acara Kitesurfing Exhibition 2023 kali ini didukung oleh Dinas Pariwisata DIY, Dinas Pariwisata Bantul, PHRI DIY, ASITA, Dinas Koperasi UKM Bantul dan industri Bantul serta para pecinta olah raga ektrim yang tergabung dalam Jogja Kitesurfing Club Indonesia.

Selain itu juga akan diikuti oleh para pelatih dari Lombok Kitesurfing, Bali Kitesurfing, anggota Jogja Kitesurfing Indonesia dan ada juga turis asing.

Ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta olahraga ekstrim bahari ini dan pariwisata Jogja di masa datang sehingga perlu dukungan pemerintah dan semua pihak. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.