Berita Nasional Terpercaya

Sleman Siap Dukung Kelancaran Pemilu 2024

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Pemerintah Kabupaten Sleman menerima kunjungan kerja spesifik Komisi II DPR RI, di Aula Lantai 3 Kantor Setda Sleman, Kamis (24/8/2023). Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka mengetahui kesiapan tahapan pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten Sleman.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Sleman terus berkomitmen untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 melalui proses yang aman, jujur, adil, damai dan bermartabat.

Salah satunya, upaya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sleman telah melakukan jemput bola pelayanan perekaman data e-KTP ke sekolah-sekolah.

Baca Juga: PSS Sleman Gelar Tes Fisik Tahap Awal

“Saat ini ada 20.000 pemilih pemula yang tercatat di dinas Dukcapil. Sehingga dengan upaya ini diharapkan pada saat pemilu serentak tahun 2024 mereka sudah bisa memiliki e-KTP nya dan bisa ikut serta dalam pesta demokrasi tahun 2024,” jelas Danang.

Di samping itu, Danang mengutarakan bahwa Pemkab Sleman juga telah melakukan sejumlah kegiatan untuk mendukung kesuksesan Pemilu 2024. Beberapa kegiatan tersebut di antaranya, sosialisasi pemilu di 17 kapanewon, pelaksanaan rakorda pemilu serentak, deklarasi kampanye damai, dan deklarasi pemilu damai. Dengan upaya tersebut, diharapkan partisipasi pemilih dapat meningkat pada pesta demokrasi mendatang.

Sementara itu, Ketua Tim Kunjungan, Syamsurizal, menyampaikan, kesiapan jelang pemilu serentak 2024 perlu dipastikan berjalan dengan baik. Kunjungan di Kabupaten Sleman, juga menjadi media untuk membedah kendala yang dihadapi Pemkab Sleman. Melalui sesi diskusi, diharapkan permasalahan yang menghambat proses persiapan pemilu dapat segera teratasi dengan baik.

Baca Juga: Partai Nasdem Sleman Target 7 Kursi Legislatif

Menanggapi upaya yang telah dilakukan Dinas Dukcapil dalam menjemput bola pendataan generasi muda, Syamsurizal mengimbau agar Pemkab Sleman dapat memberikan arahan yang tepat. Dengan informasi yang jelas dan tepat, dapat memberikan pandangan kepada pemilih pemula dalam menggunakan haknya.

“Ada 204,8 juta pemilih di seluruh Tanah Air, dan 56% di antaranya adalah pemilih pemula. Kami dari Komisi II selalu mengingatkan kepada Pemerintah Daerah agar betul-betul memberikan arahan kepada anak muda kita yang baru mulai memilih,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.