Berita Nasional Terpercaya

Unjuk Rasa Warga Desa Kintap Sempat Menegang, Kapolresta Banjarmasin Langsung Tenangkan Massa Dengan Humanis

0

BANJARMASIN, BERNAS.ID – Aksi demo dari masyarakat Desa Kintap berlangsung di depan kantor DPRD Provinsi Kalsel, Jumat (8/9/2023).

Aksi demo yang ditujukan kepada PT. KJW ( Kintap Jaya Wattindo ) ini menuntut 4 hal, diantaranya :

1. Meminta agar PT. KJW mengembalikan lahan seluas 800 hektar

2. Meminta Plasma kepada PT KJW sesuai dengan yang dijanjikan dan sesuai dengan peraturan pemerintah

3. Meminta pemerintah agar menutup lahan perkebunan PT KJW yang masuk kawasan hutan produksi

4. Meminta pemerintah memproses pelanggaran yang dilakukan PT KJW

Suasana aksi demo sempat menegang ketika para perwakilan dari DPRD Provinsi hadir dengan membawa perwakilan dari PT KJW.

Beruntung, suasana langsung mencair ketika Kapolresta Banjarmasin hadir dan menenangkan massa.

Kehadiran Kapolresta memecah suasana tegang, Ia langsung menyambut para pendemo dengan mengajak mereka berpantun bersama, dan memborong semua minuman dari pedagang kaki lima untuk kemudian dibagikan kepada seluruh massa dan masyarakat yang hadir.

Ketika suasana sudah kondusif, Kapolresta kemudian memberikan pengertian kepada Korlap aksi demo, Syahrun bahwa tuntutan mereka tidak serta merta dapat langsung di putuskan.

Sikap gentle dan humanis yang ditunjukkan oleh Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana A. Martosumito, S.I.K, M.H merupakan wujud Polri PreSisi, Ia nyatanya dapat mencairkan suasana, meredam emosi massa tanpa harus bersikap arogan.

“Ingat, kita semua ini bersaudara, tidak perlu ada huru-hara, semua bisa dikomunikasikan dengan baik, mereka adalah tamu yang datang jauh-jauh dari Kintap, sebagai Polri PreSisi yang humanis, kami wajib mengedepankan rasa persaudaraan dan kemanusiaan,” ujar orang nomor satu di jajaran Polresta Banjarmasin ini.

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana A. Martosumito,S.I.K,M.H memang tak pernah menjamu para pendemo tanpa mengibarkan bendera kemanusiaan, hal ini yang membuat sosoknya begitu akrab dengan masyarakat disemua lapisan. (ros)

Leave A Reply

Your email address will not be published.