Berita Nasional Terpercaya

KATGAMA Serahkan Bale Bambu Kepada Masyarakat Desa Talaga Cianjur

0

CIANJUR, BERNAS.ID – Bale Bambu KATGAMA resmi diserahkan oleh Ketua KATGAMA (Keluarga Alumni Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada) Ir. Agus Priyatno kepada Kepala Desa Talaga, Saprodin mewakili masyarakat Desa Talaga, Cianjur Jawa Barat, Jumat (8/9/2023).

Serah terima ini disaksikan oleh Dekan FT Dekan Fakultas Teknik UGM Prof. Ir. Selo, M.Sc., Ph.D; Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Ir. Ali Awaludin, S.T., M.Eng., Ph.D., Prof. Dr. Ing. Ir. Eugenius Pradipto, alumni FT UGM, Staf Ahli Bupati Cianjur Asep Suparman, dan warga Desa Talaga.

Balai bambu ini diinisiasi pada pertengahan tahun 2023 oleh KATGAMA bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada dan mitra.

Baca Juga : Ketua BPIP Kunjungi UGM Sosialisasikan Pancasila Melalui Wicara dan Amal

Pembangunan dipimpin langsung oleh Prof. Ir. Eugenius Pradipto, guru besar dari Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan FT UGM.

Bangunan ini didesain dengan material yang didominasi dari bambu. Material bambu mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau.

Material bambu juga dinilai tepat karena memiliki kekuatan dan elastisitas layaknya baja jika diberikan perlakuan khusus.

Hal ini akan menjadi nilai lebih untuk diterapkan menjadi material konstruksi, terlebih pada wilayah yang rawan gempa.

Ketua KATGAMA Ir. Agus Priyatno menyampaikan bahwa KATGAMA selalu ingin berkontribusi dalam pengabdian masyarakat dan ikut membantu meringankan beban masyarakat terdampak bencana, gempa bumi, tanah longsor maupun banjir.

Baca Juga : UMY Gelontor 6 Miliar untuk Beasiswa Mahasiswa Kedokteran

Ia menyampaikan terima kasih kepada para mitra yang telah membantu KATGAMA melaksanakan kegiatan pengabdian ini dan menyalurkan bantuan di daerah-daerah yang sulit dijangkau.

Dekan Fakultas Teknik, Prof. Selo mengapresiasi KATGAMA yang terus mengharumkan nama UGM sebagai kampus kerakyatan, kampus nasional, melalui kontribusinya meringankan beban masyarakat dengan program pengabdian kepada masyarakat yang terdampak bencana.

“Bale Bambu KATGAMA ini diharapkan dapat menjadi tempat berkumpul dan bersosialisasi serta merekatkan persaudaraan dan meningkatkan hubungan baik antar warga masyarakat,” ujarnya. (*/cdr)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.