Berita Nasional Terpercaya

Hari Kunjung Perpustakaan Luncurkan Pojok Literasi Digital

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman meluncurkan pojok literasi digital untuk memperingati Hari Kunjung Perpustakaan 2023 di Pendopo Parasamya Sleman, Kamis (14/9/2023). Selain itu juga dilaksanakan kegiatan workshop “Dari Baca Menjadi Karya”.

Baca Juga: Kepala Dispertaru DIY Jadi Tersangka Kasus Tanah Kas Desa

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, kepada 20 instansi serta pemberian apresiasi terhadap pemustaka teraktif, pemustaka terfavorit, dan pemustaka dengan keanggotaan terbanyak.

Bupati Sleman menyampaikan pelaksanaan Hari Kunjung Perpustakaan pada tahun 2023 menjadi semakin spesial dengan diadakan kegiatan workshop “Dari Baca Menjadi Karya” terkait Budidaya Anggrek Vanda Tricolor. Hal ini menjadi salah satu wujud dampak positif dari membaca yang memberikan keuntungan di bidang perekonomian.

Ia pun memaparkan tingkat literasi masyarakat Sleman pada tahun 2023 yang mencapai 51,88 persen, data ini melebihi angka yang ditargetkan yaitu 48,38 persen. Meski begitu, ia tetap mendorong masyarakat untuk tetap meningkatkan capaian tersebut dengan menanamkam budaya membaca.

“Upaya untuk meningkatkan tingkat kegemaran membaca salah satunya dengan meningkatkan kunjungan ke
perpustakaan. Tingkat kunjungan perpustakaan baik secara offline maupun online adalah cerminan dari kualitas layanan, koleksi, serta kinerja dari sebuah perpustakaan,” kata Bupati.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Sri Wantini, melaporkan Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dilakukan sebagai upaya menguatkan komitmen dalam memberikan layanan terbaik di perpustakaan serta meningkatkan minat baca di Kabupaten Sleman.

Baca Juga: Lurah Aktif Caturtunggal Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Tanah Kas Desa

Kegiatan ini juga mengundang berbagai lapisan masyarakat untuk berpartisipasi, di antaranya, pegiat literasi, pengelola perpustakaan, pengelola taman bacaan hingga perwakilan siswa di Kabupaten Sleman. Wantini berharap, peringatan ini dapat mendorong masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas perpustakaan secara maksimal.

“Diharapkan masyarakat bisa lebih optimal dalam menggunakan fasilitas perpus yang ada di Sleman sebagai sumber pembelajaran. Sehingga dapat tercapai visi Kabupaten Sleman yakni, terwujudnya Sleman sebagai rumah bersama yang cerdas, sejahtera, berdaya saing, menghargai perbedaan dan memiliki jiwa gotong-royong,” tukas Wantini. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.