Berita Nasional Terpercaya

20 RTLH Rampung Direnovasi dengan Arsitektur Khas Jogja

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyerahkan secara simbolis kunci Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang dibangun dengan desain arsitektur khas Yogyakarta di Kalurahan Banyurejo, Tempel, Sleman. Kegiatan renovasi berasal dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Dana Keistimewaan DIY.

Turut hadir Paniradya Pati Keistimewaan DIY, Aris Eko Nugroho, Wakil Ketua Komisi A DPRD DIY, Sudaryanto, Wakil Kepala DPUPESDM, Kusno Wibowo, serta pejabat terkait lainnya.

Baca Juga: Lurah Aktif Caturtunggal Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Tanah Kas Desa

Kustini mengucapkan terima kasih kepada Pemerintahan DIY yang telah mengimplementasikan bantuan pembangunan RTLH di wilayah Kabupaten Sleman. Ia berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat, serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang membutuhkan.

“Semoga bisa menjadi baiti jannati, rumahku surgaku. Jadi surga itu adem, ayem, tenteram di hati,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Paniradya Pati Keistimewaan DIY, Aris Eko Nugroho, menyebut Pemerintah DIY memberikan bantuan RTLH bagi 20 rumah yang berlokasi di Kapanewon Tempel. Pembangunan 20 rumah dengan arsitektur khas Yogyakarta ini di antaranya berlokasi di Kalurahan Banyurejo sebanyak 10 rumah, di Kalurahan Mororejo dan Pondokrejo sebanyak 5 rumah.

Baca Juga: Kepala Dispertaru DIY Jadi Tersangka Kasus Tanah Kas Desa

Aris menyebut setiap rumah RTLH mendapatkan bantuan sebesar 50 juta rupiah dan seluruhnya dibangun dengan arsitektur khas Yogyakarta.

“Tapi bukan sekedar angkanya. Tapi yang harus kita tekankan, kalau memakai Dana Keistimewaan, maka di situ masuknya semangat tata nilai keyogyakartaan. Di situ ada gotong royong, sawiji, greget, sengguh ora mingkuh,” tuturnya.

Aris mengatakan tahun 2023 menjadi tahun kedua pelaksanaan program pembangunan RTLH di DIY melalui kegiatan BKK arsitektur khas Yogyakarta. Di tahun sebelumnya, ia menyebut pihaknya telah membangun sebanyak 40 RTLH. Sedangkan, di tahun kedua ini, pihaknya mentargetkan membangun sebanyak 435 RTLH dengan arsitektur bergaya Yogyakarta. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.