Berita Nasional Terpercaya

Wabup Sleman Dukung Pelestarian Alam Merti Dusun Gabugan

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Padukuhan Gabugan, Kalurahan Pandowoharjo, Kapanewon Sleman menggelar kegiatan Merti Dusun yang diisi dengan kirab budaya dan pentas seni budaya Gabugan, Minggu (24/9/2023). Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, turut hadir sekaligus menandai merti dusun secara simbolis dengan memotong tumpeng.

Baca Juga Lurah Aktif Caturtunggal Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Tanah Kas Desa

Menurut Danang, merti dusun dengan kirab budaya dan pentas seni menjadi media untuk menanamkam nilai luhur kepada generasi muda, khususnya terkait kebudayaan lokal.

“Kegiatan ini menjadi penting untuk dilaksanakan. Pertama adalah untuk mengedukasi masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, bahwa kita memiliki kebudayaan yang luar biasa dan harus kita lestarikan. Kemudian juga menjadi upaya pelestarian alam dengan diadakan di desa wisata ini. Kita harapkan, pelestarian alam dan budaya dapat dipadukan untuk menghasilkan manfaat yang lebih besar,” kata Danang.

Selain itu, Danang juga menyampaikan pesan agar semangat gotong-royong dan kerukunan warga Gabugan dapat diperkuat melalui merti dusun. Ia berharap dengan semangat tersebut dapat mendukung terciptanya Sleman yang aman dan nyaman bagi seluruh kalangan.

Baca Juga Kepala Dispertaru DIY Jadi Tersangka Kasus Tanah Kas Desa

Nanang Sarjono, Panitia Merti Dusun Gabungan menyebut kegiatan merti dusun didukung oleh seluruh warga Padukuhan Gabungan yang terdiri dari 5 RT. Pada tahun 2023, merti dusun dilaksanakan selama dua hari dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang diikuti oleh seluruh kalangan warga Gabugan.

“Kegiatan sudah dimulai dari kemarin, ada pentas budaya, lomba tembang dolanan, lomba melukis, lomba mewarnai, sampai dengan puncak acara pada hari ini yaitu kirab budaya,” tukas Nanang. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.