Berita Nasional Terpercaya

Sinergitas TNI dan Polri Bakti Sosial di Gunungkidul

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama Polri melaksanakan bakti sosial di Kabupaten Gunungkidul. Memberikan bantuan 78 tangki air bersih dan sembako kepada warga masyarakat di Kapanewon Tepus dan Semanu, serta panti asuhan.

Komandan Pangkalan TNI AU Adisutjipto, Marsekal Pertama, Dedy Susanto menyampaikan, kegiatan ini digelar dalam rangka HUT ke 78 TNI. Bersinergi dengan Polri untuk membantu masyarakat di Kabupaten Gunungkidul. Acara digelar pada tanggal 5-6 Oktober 2023.

“Sebanyak 23 tangki kita berikan di 7 padukuhan di Kapanewon Tepus, dan 55 tangki di Padukuhan Piyuyon dan Banyumanik, Pacarejo, Semanu,” ujar Dedy dalam sambutannya di Pacarejo, Jumat (6/10/2023).

Baca Juga : Bersinergi dengan BPBD, Kodim dan Polres Lamongan Gencarkan Penanganan Krisis Air Bersih

Dedy menambahkan, kegiatan bakti sosial dilaksanakan secara spontan, karena melihat perkembangan sebagian masyarakat Gunungkidul yang masih membutuhkan air bersih utamanya untuk mencukupi kebutuhan konsumsi.

“Jumlah bantuan 78 tangki kita sesuaikan dengan HUT ke 78 TNI. Semoga ini bermanfaat untuk masyarakat dan membantu pengeluaran mereka khususnya membeli air bersih,” ungkapnya.

Ketua DPRD DIY Nuryadi yang turut hadir mengatakan, TNI dan Polri di Yogyakarta memiliki sinergi yang kuat. Sehingga banyak permasalahan, urusan ditengah masyarakat yang muncul dapat diselesaikan dengan baik. TNI dan Polri juga memiliki banyak program untuk masyarakat.

“Sinergitas yang baik ini diharapkan dapat terus dilaksanakan. Kita (DIY) juga memiliki program sinergitas untuk meningkatkan kedaulatan pangan,” tutur Politisi PDIP itu.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, banyak program bantuan dari TNI dan Polri yang masuk di Gunungkidul. Diantaranya bantuan fasilitas air bersih.

Namun, bupati memaparkan masih ada 11 persen wilayah di Gunungkidul yang membutuhkan akses air bersih.

“Sambungan Rumah (SR) sudah 89 persen menyasar masyarakat. Yang 11 persen akan kita intervensi pada Tahun ini dan 2024,” terangnya.

Bupati juga menambahkan, saat ini baru memaksimalkan pembangunanan pengangkatan air 50 liter/detik dan penjernihan yang memiliki kapasitas 100 liter/detik diwilayah selatan.

Baca Juga : Wabup Sleman Resmikan Bak Tangkap Air Bersih Tirtosari

Pembangunan ini diharapkan dapat membantu masalah kebutuhan air bersih.

“Saya sampaikan terimakasih kepada TNI – Polri semoga bantuan ini bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

Hadir dalam kegiatan baksos, Kapolda DIY, Danrem 072 Pamungkas, Waka RS PAU, Danlanal Yogyakarta, Ketua DPRD DIY, Bupati Gunungkidul, Panewu Semanu, Lurah Pacarejo dan masyarakat. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.