Berita Nasional Terpercaya

Sleman Deklarasi Damai Pemilu 2024

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 dalam rangka mewujudkan pesta demokrasi (Pemilu) yang aman dan berintegritas, di Convention Center Hotel Alana, Senin (30/10/2023).

Baca Juga Lurah Aktif Caturtunggal Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Tanah Kas Desa

Kegiatan deklarasi damai ini melibatkan berbagai unsur, di antaranya Forkopimda, KPU, Bawaslu, Perangkat Daerah, 17 Kapanewon, Partai Politik peserta Pemilu, Forum Kemitraan Bakesbangpol, serta Ormas Keagamaan di Kabupaten Sleman.

Dalam pelaksanaannya, komitmen deklarasi damai dituangkan dalam bentuk penandatanganan deklarasi pemilu damai yang diawali oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, dilanjutkan KPU, Bawaslu, dan perwakilan Partai Politik.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Ketahanan Nasional Kesbangpol Sleman, Achmad Raharjo dalam laporannya menyampaikan tujuan Deklarasi Pemilu Damai menciptakan adanya pemilu yang berintegritas serta menciptakan situasi aman, damai dan kondusif selain menyukseskan pemilu serentak.

“Pemilu serentak tahun 2024 ini merupakan pesta demokrasi terbesar yang akan menentukan perjalanan bangsa Indonesia dalam lima tahun ke depan. Maka deklarasi pemilu damai ini menjadi komitmen yang kuat dalan mewujudkan pesta dekokrasi dan kontestan politik (Pemilu Serentak) agar aman, damai dan berintegrasi,” tutur Achmad.

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menyampaikan dukungannya atas pelaksanaan deklarasi pemilu damai sebagai upaya menyamakan tekad dan semangat menyelenggarakan pemilu tahun 2024 yang damai, bermartabat, dan berkualitas, sebagai tolak ukur kedewasaan demokrasi.

Baca Juga Kepala Dispertaru DIY Jadi Tersangka Kasus Tanah Kas Desa

Menurutnya, penyelenggaraan pemilu merupakan salah satu proses demokrasi untuk mewujudkan sistem pemerintahan negara yang berkedaulatan rakyat. Ia pun menilai sangat penting pemilu dapat diselenggarakan secara damai sebagai pengejawantahan pesta demokrasi rakyat Indonesia dan seluruh peserta pemilu memiliki cita-cita dan komitmen yang sama untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

“Deklarasi ini saya harapkan benar-benar menjadi komitmen kita bersama dan dilaksanakan secara sungguh-sungguh oleh seluruh partai peserta pemilu. Dengan demikian pemilu tahun 2024 dapat kita selenggarakan secara demokratis, jujur, akuntabel dan bermartabat,” tutup Danang. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.