Berita Nasional Terpercaya

Bupati Gunungkidul Resmikan Pembangunan Internet Publik dan Infrastruktur Air Bersih

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Bupati Gunungkidul, meresmikan pembangunan Internet Publik dan Pembangunan Infrastruktur Air Bersih di Kapanewon Panggang. Fasilitas ini merupakan CSR dari PT Telkom Indonesia, PT Moratelematika Indonesia dan PT PLN Icon+ bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Gunungkidul.

Baca Juga Lurah Maguwoharjo Menjadi Tersangka Kasus Tanah Kas Desa

Kepala Dinas Kominfo Gunungkidul, Setiyo Hartato mengatakan, CSR PT Moratelematika Indonesia memberikan fasilitas internet publik yang dipasang di Padukuhan Panggang 3, Kalurahan Giriharjo. Selain itu, CSR bantuan buku PAUD diserahkan kepada Himpaudi Kapanewon Panggang, Kamis (9/11/2023).

“Untuk CSR PT Moratelematika Indonesia memberikan fasilitas internet publik dan kita arahkan dipasang di Padukuhan Panggang 3 Kalurahan Giriharjo dengan nilai CSR sebesar Rp. 20 juta,” tuturnya.

Selanjutnya, untuk CSR PT PLN Icon+ adalah fasilitasi internet publik di Masjid Al Huda, Padukuhan Jurug, Kalurahan Giriwungu dengan nilai CSR sebesar Rp50 juta. Sedangkan, untuk CSR dari PT Telkom Indonesia sendiri berupa fasilitasi pembangunan infrastruktur air bersih di Padukuhan Sumber, Kalurahan Girisuko, Kapanewon Panggang.

Menurut Setiyo, dipilihnya pembangunan fasillitas air bersih dilokasi bukan tanpa alasan, keadaan geografis Kapanewon Panggang membuat beberapa wilayah masih kekurangan air bersih. Pembangunan Infrastuktur ini diharapkan mempermudah masyarakat mencukupi kebutuhan air utamanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

General Manager PT Telkom Witel Yogyakarta, Agus Faisal mengatakan, Pembangunan Infrastruktur Air Bersih yang diberikan untuk Gunungkidul senilai Rp64 juta. Bantuan itu digunakan untuk membangun fasilitas air bersih di Padukuhan Sumber Girusuko, Panggang.

“Sebelumnya sudah kita bangun di 2 (dua) tempat yakni Padukuhan Nglumbung dan Padukuhan Gabuk, Giricahyo, Purwosari. Kita (PT Telkom Witel Yogyakarta) berkomitmen bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk mencukupi kebutuhan air bersih,” ujar Agus .

Sementara itu, General Manager Regional 4 Darul Tauhid Peduli, Nur Ihsan Bashori  mengatakan, pihaknya selain menjembatani program CSR ini, harapannya bantuan ini dapat dinikmati 47 Kepala Keluarga di Padukuhan Sumber Girusuko, Panggang. Menurutnya ketersediaan air bersih menjadi sangat vital tidak hanya untuk manusia, tapi juga ternak.

“Nanti kita bantu bina untuk mengelola karena nantinya ke depan akan dikelola oleh Kelompok Pengelola Air Bersih Padukuhan Sumber,” kata Nur.

Baca Juga 7000 Lurah Dan Pamong Se-DIY Siap Deklarasi Pesta Demokrasi Damai

Sementara Bupati Gunungkidul Sunaryanta mewakili masyarakat Gunungkidul mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan PT Telkom Indonesia, PT Moratelematika Indonesia, dan PT PLN Icon+ atas bantuan yang diberikan, baik Fasilitas air bersih maupun intermet publik sehingga dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Untuk Pembangunan Internet Publik saya harap dapat digunakan seoptimal mungkin, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan baik dan percepatan transformasi digital,” tutur Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Gunungkidul ini berpesan agar fasilitas air bersih maupun internet publik dijaga dan dimanfaatkan dengan baik sehingga akan berdampak terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Saya tegaskan untuk fasilitas air dijaga dan dirawat dengan baik karena kita ketahui biaya yang dikeluarkan untuk fasilitasi air bersih ini tidak sedikit,” ucap pesan Bupati. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.