Berita Nasional Terpercaya

UNMAHA adakan webinar “Jalan Terang Menuju Karir IT hingga ke Mancanegara”

0

Dalam sebuah acara webinar yang berjudul “Jalan Terang Menuju Karir IT hingga ke Mancanegara,” berjalan dengan sukses dan penuh inspirasi. Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 November 2023 yang diselenggarakan oleh Forum Mahasiswa Teknik Informatika (FMTI) serta dihadiri oleh mahasiswa Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA) dan masyarakat umum yang tertarik dengan dunia IT. Pemateri utama dalam acara ini adalah Mohd. Rivai, seorang ahli dari N’osairis Technology Solution Sdn.bhd di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dalam presentasinya, Mohd. Rivai menyoroti pentingnya memiliki keterampilan yang sesuai dengan permintaan industri saat ini. Ia menekankan bahwa skill yang sedang dibutuhkan di dunia IT meliputi keamanan (security), pemrograman (programming), sistem dan jaringan (system and network), analisis data (data analysis), devOps, Cloud Computing, Machine Learning, dan juga kemampuan untuk berkomunikasi dalam bahasa asing.

Selain itu, Mohd. Rivai juga memberikan nasihat berharga kepada para mahasiswa, terutama mereka yang baru lulus. Ia mendorong mereka untuk membuat projek kecil selama kuliah dan mendokumentasikannya di platform GitHub. Projek-projek ini dapat menjadi portofolio yang sangat berharga ketika melamar pekerjaan di masa depan. Selain itu, ia menyarankan para peserta untuk terus mengembangkan keterampilan baru, setidaknya sekali sebulan, agar tetap kompetitif di pasar kerja yang terus berubah.

Selain Mohd. Rivai, acara ini juga dihadiri oleh Bapak Salamudin, M.Kom., yang merupakan Ketua Forum Mahasiswa Teknik Informatika (FMTI) sekaligus Kaprodi Teknik Informatika jenjang Diploma 3 di Universitas Mahakarya Asia. Bapak Salamudin berbicara tentang pentingnya mahasiswa UNMAHA untuk bersaing secara Internasional, terutama di tingkat Asia. Ia menggaris bawahi bahwa persiapan tidak hanya berkaitan dengan kompetensi teknis, tetapi juga dengan kesiapan mental.

Acara ini menjadi sumber inspirasi bagi para peserta, terutama para mahasiswa, untuk mengasah keterampilan IT untuk mempersiapkan diri dari tantangan di masa depan dan meraih kesuksesan dalam karir IT hingga ke mancanegara.

Leave A Reply

Your email address will not be published.