Berita Nasional Terpercaya

Fisipol UGM Gelar Research Days Bahas Tantangan Terkini

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (Fisipol UGM) menggelar pekan pemaparan hasil penelitian atau research days mulai 13 November hingga 17 November 2023. Dalam kegiatan ini, para dosen, peneliti, dan seluruh civitas academika berdiskusi dan bertukar ide tentang isu-isu terkini seputar transformasi digital, inklusi sosial, dan perubahan iklim.

Baca Juga Festival Lereng Merapi Tanamkan Pendidikan Karakter

“Penelitian-penelitian yang dipaparkan menunjukkan kolaborasi dosen dan peneliti FISIPOL UGM dengan berbagai mitra, baik dalam maupun luar negeri, dan dengan lembaga pemerintahan, bisnis, masyarakat sipil, maupun lembaga penelitiannya,” kata Dekan FISIPOL UGM, Dr. Wawan Mas’udi.

Lanjut tambahnya, transformasi digital, inklusi sosial, dan perubahan iklim merupakan tiga isu utama yang menjadi andalan dalam pengembangan pengajaran dan penelitian di FISIPOL UGM. Alasannya, tiga isu tersebut telah mendorong pergeseran besar-besaran, atau disebut dengan megashift, di berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Pertama, transformasi digital menawarkan kesempatan kemajuan ekonomi, pendidikan, dan pekerjaan baru. Namun, pada saat bersamaan, kemajuan teknologi juga menghadirkan tantangan seperti digital kolonialisme dan kesenjangan akses.

Kedua, dipicu oleh COVID-19 yang tidak hanya menimbulkan krisis kesehatan, persoalan inklusi sosial semakin mencuat di tataran nasional maupun global. Di tengah perkembangan teknologi dan perekonomian yang belum benar-benar pulih, inklusi sosial perlu bergerak dari hanya membahas partisipasi penuh kelompok marjinal tapi juga bagaimana pencegahan diskriminasi terhadap kelompok-kelompok rentan karena berubahnya kualitas hidup.

Ketiga, perubahan iklim telah menjadi risiko dan ancaman terberat bagi planet dan seluruh sistem kehidupan. Gentingnya dampak pemanasan global memerlukan adaptasi dan transisi menuju pemenuhan kebutuhan dasar, terutama energi dan pangan, yang berkelanjutan, serta sistem tata kelola dan kebijakan yang menyeimbangkan antara pertumbuhan ekonomi dan lingkungan hidup.

“Sebagai bagian dari komunitas akademik, FISIPOL UGM berkomitmen menjadi center of reference dalam memahami dan menawarkan alternatif cara berpikir terkait dengan fenomena megashift ini,” ujar Wawan.

Baca Juga 7000 Lurah Dan Pamong Se-DIY Siap Deklarasi Pesta Demokrasi Damai

Kegiatan research days ini dibuka dengan sesi bedah buku terbaru dari FISIPOL UGM yang berjudul “Ilmu Sosial dan Politik Masa Depan: Menjawab Megashift?”. Tidak kurang dari 70 judul penelitian lainnya dipaparkan dalam kegiatan yang melibatkan lebih dari 100 peneliti ini.

Sebagian besar pemaparan dilakukan secara langsung dan terbuka untuk umum di kampus FISIPOL UGM. Meski demikian, ada sejumlah presentasi dan diskusi dilakukan secara dalam jaringan (daring).

Berbagai judul penelitian yang telah dipaparkan dalam research days ini juga akan dikelola untuk menjadi publikasi yang dapat menjangkau khalayak yang lebih luas, seperti artikel jurnal, buku, dan ringkasan kebijakan. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.