Berita Nasional Terpercaya

Jelajahi Pulau Samosir, Negeri Indah Kepingan Surga

0

MEDAN, BERNAS.ID – Apakah sobat traveler sudah pernah berkunjung ke Pulau Samosir di Danau Toba? Begitu banyak daya tarik wisata yang dapat dinikmati di sana lho!

Mulai dari wisata alam, edukasi, atraksi hingga sejarah. Turis asing sangat banyak berkunjung ke pulau ini karena tertarik dengan keindahan Danau Toba yang menakjubkan selain cerita unik yang diliterasikan tentang peradaban masyarakatnya di masa lampau.

Untuk akses menuju Pulau Samosir kini semakin mudah, bandara terdekat yakni Bandara Sisingamangaraja XII di Silangit atau Siborong-Borong, Kabupaten Tapanuli Utara, yaitu hanya sekitar 40 menit hingga 60 menit perjalanan menuju dermaga pilihan untuk penyeberangan ke Pulau Samosir.

Baca Juga : Bupati Sleman Dukung Gerobak Sebagai Daya Tarik Wisata

Kapal penyeberangan jenis ferry mampu mengangkut 6-10 kendaraan mobil dengan 50-100 penumpang tergantung ukuran kapalnya. Jarak tempuh penyeberangan bervariasi tergantung lokasi pelabuhan atau dermaga dan titik yang dituju di Samosir.

Misalnya, menyeberang dari Tigaras di Simalungun ke Simanindo di Samosir menempuh sekitar 30 menit penyeberangan, dari Ajibata di Parapat menuju Ambarita di Samosir sekitar 60 menit.

Secara umum ada 3 alasan utama traveler berkunjung ke Pulau Samosir dari aspek kepariwisataan yaitu, melihat peninggalan sejarah kerajaan dan peradaban masyarakat Batak tempo dulu di beberapa kampung seperti Huta Siallagan, Huta Bolon, Makam Tua Raja Sidabutar.

Kedua adalah mengunjungi dan mempelajari cara membuat kain tenun khas Batak secara tradisional dan menggunakan pewarna benang alami yang bisa dilihat di Huta Tinggi, Desa Papande, dan lainnya.

Dan ketiga adalah untuk menyaksikan keindahan alam – budaya – seni – tradisi yang tersebar di seluruh wilayah sekeliling Pulau Samosir.

Infrastruktur jalan cukup baik sepanjang dermaga hingga ke obyek-obyek wisata, didukung pula dengan fasilitas berwisata yang mulai banyak dan memadai dengan berbagai jenis.

Baca Juga : Wisata, Pendidikan dan Budaya Menjadi Magnet DIY di Mata Prancis

Penginapan dari jenis homestay hingga berbintang, rumah makan jenis tradisional – coffeshop – western restaurant serta atraksi wisata yang penuh ragam mulai trekking, cycling, sightseeing tours, wisata air di Danau Toba, tarian khas Batak, kuliner khas Batak, dan sebagainya.

Bagi traveler yang suka tailor-made travel arrangement (sebelumnya dikenal dengan sebutan backpacker) sangat mudah mengatur budget karena tersedia homestay di semua destinasi yang dapat juga dipesan melalui online travel agent.

Penyewaan kendaraan baik roda dua dan empat juga tersedia, atau nikmati kendaraan ojek lokal “bentor”nya asyik juga.

Tak salah pemerintah daerah setempat mengusung tema pariwisata Pulau Samosir sebagai “Negeri Indah Kepingan Surga”.

Bahwa pulau dengan luas sekitar 6.300 hektar ini, menyuguhkan berbagai keindahan untuk menyegarkan jiwa dan raga para traveler untuk bersemangat kembali ke rutinitas kerja setelah berwisata di Pulau Samosir.

Selamat berwisata yaa… berwisata #diindonesiaaja dan #banggaberwisatadiindonesia.

(Penulis : Ketut Swabawa | Praktisi Pariwisata)

Leave A Reply

Your email address will not be published.