Berita Nasional Terpercaya

Doa Lintas Iman Bergema di Makam Nyi Ageng Serang untuk Kemenangan Ganjar Mahfud

0

KULONPROGO, BERNAS.ID – Patembayan Nusantara bersama Kancane Ganjar Kalibawang Kulonprogo mengambil ruang kebudayaan sebagai diplomasi politik dalam menyampaikan pesan dan visi pasangan Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Hal itu tercermin dari kampanye pasangan capres dan cawapres nomor urut 3 tersebut yang menggunakan kesenian rakyat, yaitu Angguk Sekar Laras dari Samigaluh, Kulonprogo dalam mencari simpati dukungan rakyat.

“Berkepribadian dalam kebudayaan merupakan spirit yang dilakukan Patembayan Nusantara bersama Kancane Ganjar Kalibawang, Kulonprogo menggelar kegiatan kampanye pemenangan pasangan nomor tiga, Ganjar Mahfud,” ujar Ketua Penyelenggara, Dewi Nugraheni, Kamis (14/12/2023) malam.

Baca Juga : Bawaslu Sleman Larang Peserta Pemilu Kampanye dan Pasang APK dari Tanggal 4-27 November

Kegiatan kampanye yang digelar di halaman makam Nyi Ageng Serang, Perbukitan Beku Kalibawang ini dimulai sejak pukul 16.00 WIB dengan menggelar prosesi doa bersama kemenangan Ganjar Mahfud yang diikuti oleh umat Islam dan Katholik dari wilayah Kalibawang.

“Memanfaatkan halaman makam pahlawan nasional Nyi Ageng Serang sebagai tempat kegiatan merupakan sebuah pilihan yang syarat pembangunan nasionalisme yang langsung melekat kepada rakyat,” kata Dewi Nugraheni.

Pemilihan doa bersama di halaman makam Nyi Ageng Serang pada Kamis menjelang Malam Jumat Kliwon ini, menurut Dewi Nugraheni didasari atas budaya masyarakat setempat yang memiliki budaya ziarah kubur menjelang Malam Jumat Kliwon.

Baca Juga : KPU DIY Buka Lowongan 83.524 Anggota KPPS, Simak Persyaratannya

“Terlebih adanya kesamaan Ganjar Pranowo dan Nyi Ageng Serang yang sama-sama sebagai keturunan dari Sunan Kalijaga,” jelas Dewi Nugraheni.

Puncak acara kampanye Ganjar Mahfud di Kalibawang itu, dimeriahkan dengan pentas Angguk Sekar Laras dari Samigaluh dan diisi orasi kebangsaan dari tokoh perempuan Kalibawang, Dewi Nugraheni, ST yang memantik semangat 600 warga yang hadir untuk memenangkan Ganjar Mahfud pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024.

“Dan merayakan pesta demokrasi 2024 dengan penuh kegembiraan seperti elok, rancak, gerak penari Angguk Kulonprogo,” pungkasnya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.